in

SenangSenang KerenKeren

Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat – Part I

Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat
Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat

Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat – Part I. Pendidikan agama Islam di Negara Indonesia saat ini sudah sangat berkembang dimana-mana, tak terkecuali yang berada di pedesaan. Jika dahulu wilayah pedesaan cukup sulit untuk bisa mengakses dan update kecanggihan tekhnologi masa kini (jaman now!), namun saat ini dengan adanya internet warga desa sudah melek teknologi.

Mereka yang berpendidikan agama Islam tentu berbeda dengan mereka yang sekolah ditepat umum, swasta lain-lain. Sekolah islam sendiri lebih mengedepankan ajaran agama yang sudah melekat. Salah satunya yang sering kita kenal dengan hafalan. Dari mulai madrasah, tsnawaiyah, madrasah aliyah yang sederajat dengan SMA, semuanya tak lepas dari hafalan surat-surat yang ada di dalam Al-Qur’an.

Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat - Part I
Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat – Part I

Dalam hal ini tentu mempunyai tujuan yang jelas demi wawasan agama untuk anak, mulai dari hafalan surat-surat pendek atau juz amma, ataupun yang hafalan hadits-hadits. Ini semua juga untuk wawasan islam mereka agar lebih faham.

Nah? Mungkin ada diantara kalian yang saat ini sedang ada tugas setor hafalan, akan tetapi masih cukup susah untuk menghafal. Jangan khawatir, kali penuliscilik sedikit akan berikan tips mudahnya untuk kalian. Yuk kita simak bersama! Cara Menghafalkan Surat Pendek Dalam Alquran Dengan Cepat.

Cari waktu yang tepat untuk hafalan

Usahakan untuk mencari waktu yang pas ketika akan menghafal sebuah surat atau hadtis, disarankan untuk menghafal dijam tertentu seperti : Jam 1 pagi, jam 3 pagi, atau sehabis shubuh.

Baca juga: Doa menjenguk orang sakit

Kenapa harus dijam ini? Dijam ini fikiran kita lebih bisa tenang untuk mengingat apa yang sudah kita baca berulang-ulang dalam menghafal surat ataupun hadtis, selain fikiran yang bisa lebih tenang dan merupakan waktu menghafal yang efektif. Dijam-jam tersebut kita tertolong oleh suasana yang hening, sepi. Jadi tidak sama sekali mengganggu waktu konsentrasi sehingga hafalan kita tidak mudah lupa.

Ambil air wudhu

Ini adalah syarat wajib bagi seorang muslim untuk bisa mudah menghafal sebuah surat ataupun hadtis, dengan wudhu kita akan lebih dipermudah dalam menghafal. Sebab diri kita sudah bersih dan suci, untuk membaca ayat-ayat ALLAH alangkah baiknya jika seseorang mau bersuci terlebih dahulu, bahkan berwudhu sangat dianjurkan, dan dalam islam hukumnya wajib sebelum memegang AL-Qur’an.

Jadi pastikan kita bersuci terlebih dahulu yah agar bacaan kita bisa dipermudah.

Baca berulang-ulang dengan menggarisi ayat-ayat tertentu [pakai pensil yang tidak terlalu tebal]

Langkah pertama garisi satu ayat sampai mana kalian bisa baca, atau cocokkan dengan nafas. Jika kalian mampunya bernafas sampai disitu saat melafal sebuah ayat, berhentilah disitu. Diulang-ulang sampai hafal. Jangan lanjut ke ayat selanjutnya jika belum hafal.

Baca juga: Doa sebelum belajar dan sesudah belajar

Baru lanjutkan ayat keselanjutnya jika sudah hafal, metode menghafal  masih tetap sama dengan cara pertama tadi, sampai ayat benar-benar sudah habis.

Okey sobat, tipsnya tidak berhenti sampai disini lhu? Masih ada kelanjutan tipsnya yang harus kalian praktekkan dirumah masing-masing. Yuk intip di halaman selanjutnya di tips mudah menghafal surat-surat pendek untuk anak dalam Alquran bagi yang beragama Islam [Part II]

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu