in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cara Menjadi Bendahara Kelas Yang Baik

Cara Menjadi Bendahara Kelas Yang Baik
Cara Menjadi Bendahara Kelas Yang Baik

Cara menjadi bendahara kelas yang baik. Kamu mau jadi bendahara ya? atau mungkin kamu hanya penasaran? Ok, intinya aku ucapakan terima kasih sudah mau membaca tutorial kali ini.

Bendahara kelas adalah orang yang ditugaskan untuk mengelola keuangan kelas, dimana uangnya bersumber dari seluruh murid di kelas itu.

Jika kamu mau jadi bendahara kelas, setidaknya kamu harus bisa menghitung, hehe. ya iya lah masa tidak bisa, kan namanya juga bendahara.

Kamu juga harus teliti dan sabar, karena semakin lama semakin banyak uang yang harus kamu catat pemasukan dan pengeluarannya.

Cara menjadi bendahara kelas yang baik

Berikut ini adalah tips sederhana dari aku, agar kamu bisa jadi berdahara yang baik dan amanah.

Baca juga:

  1. Template jadwal piket kelas
  2. Template jadwal pelajaran
  3. Template struktur organisasi kelas

Jangan jadi anak yang sombong di kelas

Ya ialah, jika kalian jadi anak sombong, mana mungkin dipilih jadi bendahara kelas, jangankan bendahara berteman pun mungkin malas. Kamu harus jadi anak yang periang, selalu bersemangat, dan disenangi murid-murid.

Berhubungan baik dengan guru dan walikelas.

Jika kamu memiliki hubungan baik dengan guru dan wali kelas, biasanya wali kelas suka memberikan rekomendasi agar kamu menduduki jabatan di kelas. Tidak hanya bendahara, bisa saja kamu menjadi sekretaris, Ketua Kelas (KM), dll

Gunakan pembukuan yang baik menggunakan google drive

Kenapa harus menggunakan pembukuan kas kelas menggunakan google drive? Ini sebetulnya tidak wajib. Keuntungan yang bisa kamu dapat adalah, bisa mengakses buku kas kamu menggunakan gadget apa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Pada aplikasi google drive, kamu bisa menggunakan google sheets (pokoknya penggunaanya sama seperti Microsoft Excel pada komputermu)

Simpan uang kas kelas ditempat yang aman

Teliti dalam mencatat pengeluaran, kemudian simpan uang kas kelas di tempat yang aman. Jangan teledor atau bahkan sembarangan menyimpannya. Jika kamu memiliki tabungan, simpan saja uang kas kelas Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Terbuka kepada semua orang

Laporkan semua pengeluaran kepada Guru dan Walikelas, jika ada waktu sesekali kamu laporkan juga kepada teman-teman berapa pemasukan dan berapa pengeluaran uang kas kelas. Kamu tidak harus bisa berbicara di depan kelas agar tidak jadi fitnah, kamu cukup broadcast link google drive kepada orang-orang sebagai laporan.

Siapkan mental dan berdoalah

Kenapa harus menyiapkan mental, karena dengan menjadi bendahara kamu akan diuji dengan banyak hal, apa saja? ya aku juga tidak tahu hehehe…

  1. Dianggap punya banyak uang
  2. Disangka menggelapkan jika ada masalah
  3. Disindir dengan meme bendahara kelas
  4. Menghadapi anak yang pura-pura lupa jika menagih uang kas
  5. dll.

Ini akan menjadi pelajaran berharga untuk kamu, karena dengan menjadi bagian organisasi walau setingkat kelas. Bisa mendidik kamu menjadi orang yang sukses dikemudian hari. Aamiin

Contoh Buku Kas Kelas Terbaru

Berikut ini adalah contoh buku kas kelas versi penuliscilik.com, lengkap 1 tahun dari bulan Januari sampai Desember. Ini menggunakan Microsoft Excel, sehingga mudah untuk mengisinya.

Contoh buku kas kelas terbaru
Contoh buku kas kelas terbaru

File buku kas kelas ini dapat digunakan untuk anak SMP, MTS, SMA, dan SMK, silahkan download melalui link ini:

Download “Contoh Buku Kas Kelas” contoh-buku-kas-kelas-peulis-cilik.xlsx – Downloaded 1226 times – 14 KB

Berikut ini adalah contoh buku kas yang di dalamnya ada kolom debet dan kredit untuk mengetahui proses keluar masuknya uang. Lihat detail harganya di sini

contoh buku kas kelas
Contoh buku kas kelas

Sekian tutorial cara menjadi bendahara kelas yang baik, semoga bermanfaat dan bisa membuat kalian bersemangat menjadi orang yang mau ikut andil di dalam kelas.

Yuk tulis komentar kamu