in

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat
Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat. Telinga salah indra yang diberikan Allah SWT kepada manusia untuk alat bantu mendengar.

Frekuensi pendengaran yang bisa di dengar oleh manusia adalah antara 20 Hz sampai 20.000 Hz, jika kurang atau lebih dari itu tidak bisa terdengar oleh telinga lagi. Orang yang tidak bisa mendengar dari lahir disebut tuna rungu.

Walau sudah ada alat bantu dengar, tetapi alangkah baiknya kita harus merawat telinga dan menjaga kebersihannya, sehingga dapat bekerja dengan baik.

Cara Merawat Telinga

Sobat penulis cilik, sebetulnya telinga memiliki mekanisme khusus untuk membersihkan dirinya sendiri, maka tidak heran jika sering terjadi kotoran telinga keluar sendiri.

Lalu, apakah telinga tidak boleh dibersihkan, tentu saja boleh, bagaimana caranya membersihkan telinga dan merawatnya agar tetap sehat, yaitu:

Bersihkan hanya bagian luarnya saja

Ada 3 bagian utama telinga yaitu bagian luar, tengah, dan dalam. Semuanya memiliki fungsi yang cukup vital, khususnya yang bagian dalam karena terdapat gendang telinga.

Maka dari itu, sebaiknya membersihkan telinga hanya pada bagian luar atau daun telinga saja, karena telinga seperti yang sudah aku jelaskan memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Kurangi menggunakan cotton bud

Jika ingin menggunakan korek kuping atau cotton bud sebaiknya hanya bagian luarnya saja (daun telinga) dan jangan terlalu dalam, kenapa? karena kotoran justru akan terdorong ke dalam, akibatnya akan banyak terkumpul di dalam sampai penuh.

Jangan mendengarkan suara keras

Suara keras dapat membuat pendengaran kita berkurang bahkan bisa sampai pada tuli atau tidak berfungsinya gendang telinga. Tempat yang sering menjadi sumber kebisingan adalah pabrik, maka para pekerja diwajibkan untuk menggunakan alat penyumbat telinga.

Telinga harus tetap kering

Telinga yang lembab dapat menjadi penyebab masuknya bakteri ke dalam saluran telinga. Maka dari itu bagi kamu yang hobi permainan air, seperti: berenang, flyboard, flyboard, sea walker, parasailing, banana boat, arum jeram, dll harus menggunakan penyumbat telinga agar tetap kering.

Jangan terlalu lama menggunakan earphone

Penggunaan earphone memang sangat mengasyikan, bahkan dapat menjadi tren bagi kalangan tertentu. Tahukah kamu bahwa ini bisa menjadi bahaya (gangguan telinga) jika penggunaannya terlalu lama atau sering. Sebaiknya gunakan earphone maksimal hanya 1 jam saja, tentunya dengan suara yang normal.

Harus rutin periksa ke dokter

Tidak hanya telinga, bagian tubuh lainnya juga harus senantiasa diperiksa secara berkala, karena semakin berumur usia seseorang akan semakin rentan mendapatkan gangguan kesehatan.

Baca:
Contoh pantun kesehatan
Cara kerja telinga
Filter Air dan 5 Items yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Keluarga
Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut
Apa Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kesehatan Otak Kita
Cerpen Tentang Kesehatan Tubuh Manusia
Cara mencegah perkembangbiakan nyamuk
Telinga berdenging sebelah kanan dan kiri

Nah sobat, itulah cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat. Koreksi jika ada kesalahan dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu