in ,

6 Cara meredakan amarah atau meredamnya dengan cepat

Cara meredakan amarah atau meredamnya dengan cepat
Cara meredakan amarah atau meredamnya dengan cepat

Cara meredakan amarah atau meredamnya dengan cepat. Marah atau amarah itu timbul jika ada hal yang tidak kita sukai atau kesal terhadap orang lain.

Manusia normal umunya memiliki amarah, untuk itu sebagai teman yang baik jika kita melihat teman atau orang yang sedang marah, cara meredam emosi orang lain adalah dengan mengingatkannya untuk tidak marah sehingga tidak berkelanjutan.

Cara meredam amarah menurut islam adalah dengan mengingat Allah SWT dengan mengucapkan kalimah “astaghfirullahaladzim” beberapa kali.

Baca juga: Dibully atau diremehkan teman sekolah, balas saja dengan prestasi

Cara meredakan amarah dengan cepat

Amarah yang berkelanjutan akan membuat kita tidak nyaman, bukan hanya itu semua yang kita kerjakan akan terkena imbasnya, seperti belajar tidak fokus, makan tidak enak, atau bermain jadi tidak nyaman.

Baca juga: Sebutkan 10 Kewajiban Anak di Sekolah

Apa itu amarah?

Amarah adalah emosi alami yang timbul pada diri manusia, tidak semua amarah negatif, karena amarah dapat membantu merubah sifat buruk kita atau orang lain.

Misalnya saja kita di kelas sering pecicilan, tentunya ada teman yang mengingatkan kita, nah timbul rasa kesal karena sejujurnya mungkin kamu tidak merasa pecicilan, maka dari itu kamu tahu dari teman dan bersaha untuk berubah, ini umumnya terjadi pada anak di Sekolah, hehe.

Atau tiba-tiba ada teman yang memarahi kamu tanpa ada alasan apa-apa, kemudian kamu sedang dalam kondisi tidak nyaman dan berbalik marah kepadanya.

Tentunya itu tidak baik, karena akan mengakibatkan perselisihan antar teman, lalu apa yang harus dilakukan? Berikut ini, penulis cilik akan membagikan beberapa tips meredam amarah atau emosi wanita dan laki-laki, diantaranya:

Tutup mata dan tarik napas

Jika kesal sudah mulai timbul pada diri kita, maka tutup mata kemudian tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan. Lakukan beberapa kali hingga kamu merasa tenang.

Paksa tersenyum

Jika sudah melakukan yang pertama tadi, maka sekarang kamu paksa untuk tersenyum, dengan ini perasaan kamu akan lebih baik.

Pindah posisi

Jika sebelumnya kamu dalam keadaan berdiri, maka duduklah, tenagkan diri dengan terus menarik napas dan tersenyum

Menekan anggota tubuh

Anggota tubuh yang dimaksud adalah sudut antara bagian ibu jari dan telunjuk, tekan beberapa detik sampai terasa sakit dan menenangkan pikiranmu.

Cuci Muka

Jika masih merasa marah, maka cuci mukalah, disarankan untuk ber wudhu, sehingga kamu merasa dengan Allah SWT. Kemudian membaca Al-quran atau mendengarkan murotal alquran.

Beberapa orang ada yang mendengarkan musik klasik atau musik sejeninaya yang kamu sukai.

Mencari solusi

Masalah tidak akan selesai tanpa adanya solusi, untuk itu cari pokok atau sumber masalahnya, selesaikan dengan baik tanpa harus berselisih. Jika perlu kita yang dahulu meminta maaf dan menjelaskan dengan baik, tujuannya agar masalah cepat selesai.

Untuk kamu yang sedang marah, aku punya kata kata mutiara meredam amarah:

Amarah datangnya sangat cepat, responmu menentukan kehebatanmu

Itulah beberapa cara meredakan amarah, mohon koreksi jika aku salah. Jadi cara agar tidak mudah marah adalah cari tahu sumber masalahnya, kemudian lakukan beberapa tips di atas.

Baca juga: 5 Fakta Orang Pemalas, Apakah Kamu Termasuk?

Terima kasih sudah membagikan artikel parenting ini, semoga bermanfaat.

Contributor

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent AuthorList MakerQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu