in

KerenKeren

Cerita Anak – Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas

Cerita Anak - Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas
Cerita Anak - Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas

Cerita Anak – Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas. Lita menghela napas melihat pengumuman ranking dari Bu Shanti. “Huft… Aneh, ya. Sebelum kelas online, aku selalu ranking 1. Sekarang, nilaiku menurun. Memang sih, saat kelas online juga aku sulit memahami pelajaran dan teman-temanku sering menyontek karena tidak dilihat guru,” keluh Lita. Dengan wajah cemberut, ia menutup laptop ungunya. 

“Eh, ada Lita, nih! Hehehe… Omong-omong, pengumuman ranking sudah ada belum? Kamu ranking berapa?” tanya Kak Lina. “Ranking 7, Kak. Di kelas online ini, nilaiku jadi sering turun! Aku tidak suka pembelajaran online, karena aku tidak bisa mengerti. Teman-temanku juga banyak menyontek, makanya bisa mendapat nilai bagus,” Lita duduk di samping Kak Lina. 

“Lita, tenang saja! Kakak punya tips agar kamu bisa ranking 1,” kata Kak Lina dengan semangat. “Ah, masa sih Kak? Hoax bukan tuh?” tanya Lita. Ia tidak percaya akan kata-kata dari kakaknya itu. “Ih, serius, nih! Mau tahu?” Kak Lina agak cemberut setelah tidak dipercayai Lita. “Mau dong!” seru Lita. Sahabat Penulis Cilik ikut membaca juga, ya!

Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas

Tentunya, dalam belajar online, kita sering mengalami yang namanya ‘DIKALAHKAN OLEH TEMAN YANG MENYONTEK.’ Kita jujur, tetapi nilai yang menyontek lebih bagus daripada nilai kita. Huhuhu, sedih banget, kan? 

Eits, tapi ada caranya kok agar guru tetap memberi kita ranking 1 dan nilai bagus! Baca bersama-sama juga, ya! Jangan lupa share kepada teman-teman kalian agar teman-teman yang lain bisa mendapat nilai bagus juga.

Mengerjakan Dan Mengirim Tugas Tepat Waktu!

Pssst, sering sekali lho teman-teman Hilda mengerjakan tugas terlambat. Apalagi di Google Classroom. Mereka terkadang lalai dalam mengerjakan serta mengirim tugas. Padahal, sudah diberitahu sejak lama! Hmm, jangan dicontoh ya Sahabat Penulis Cilik dan Pembaca Hilda. Agar mendapat nilai bagus, ingatlah untuk mengerjakan dan mengirim tugas tepat waktu, sesuai deadline dari guru atau bahkan lebih cepat. 

Open Camera Saat Tatap Muka Melalui Zoom/ Google Meet!

Kalian pernah dengar ZOOM atau Google Meet? Pasti sebagian besar dari kalian pernah, kan? Iya, itu sering digunakan oleh guru untuk penjelasan atau penyampaian tugas. Nah, agar dianggap rajin oleh guru, lebih baik kalian open camera deh. Itu bentuk respect/hormat kita kepada guru, lho. Guru akan senang kalau kita open camera. Tandanya, kalian fokus belajar, tidak jalan-jalan. 

Fokus Serta Rajin Belajar, Tidak Main Game!

Seringkali guru-guru menemukan siswa-siswinya sibuk bermain game atau chatting tentang game. Apa perasaan mereka? Tentunya sedih, marah, dan kecewa. Jika kalian tidak mau belajar, perjuangan guru sia-sia. Yuk, jangan lebih fokus main game daripada belajar! Belajar adalah sumber masa depan yang cerah untuk kalian. 

Aktif Menjawab!

Dalam ZOOM/ Google Meet, sering kan guru bertanya. “Bronkus punya cabang lho, nama cabang bronkus apa ya?” Daripada diam bagai kuda, lebih baik menjawab dengan aktif. “Bronkiolus!” Pasti guru memberi kita pujian dan nilai plus karena sudah aktif. Aktif juga menandakan bahwa kita memang menguasai materi, bukan hasil mencontek. 

Rajin Membantu Guru!

“Anak-anak, kita akan ada tugas Google Form di Google Classroom. Bagi yang berkenan, tolong share link dari Google Classroom ke teman-temannya, ya,” pinta guru di Grup Daring Kelas 5. Jangan menunggu lama, segera share saja. Meskipun guru tidak meminta langsung kepadamu, tapi guru tetap butuh bantuan. 

Sering Komunikasi Dengan Guru

Terkadang, guru memberi kita komentar pribadi di Google Classroom. Contoh: “Bagus, Nak. Kamu sudah menguasai materi dengan sungguh baik. Tetap semangat belajar, ya! Bu Guru akan selalu mendoakanmu.” Jangan diam saja! Jawab dengan sopan, ya. Contoh: “Terima kasih banyak, Bu Guru!” Bahkan, terkadang kamu yang mengajak bicara terlebih dahulu. Jangan malu untuk sering bertanya dan bicara, ya. 

“Ooo, begitu ya Kak? Terima kasih. Baiklah, akan kuterapkan dalam belajar online,” kata Lita dengan semangat. “Iya, sama-sama, Lita. Kakak senang bisa membantu,” Kak Lina tersenyum lebar. Karena tips-tips itu, Lita menjadi lebih semangat belajar. 

Beberapa bulan kemudian, pengumuman ranking kedua… Lita tidak percaya! “Kak, Kakak! Lihat, nih! Aku berhasil mendapat ranking 1, lhooo!” seru Lita dengan girang. “Wah, benar! Selamat, ya. Jangan lupa untuk selalu rajin belajar agar kamu bisa langganan ranking 1. Oke?” Kak Lina memeluk Lita. Lita mengangguk dengan mantap. 

Baca:
Tips belajar seru dan menyenangkan
Tips agar tidak bosan belajar di rumah
Cara belajar agar cepat masuk ke otak
Tips fokus dan memilih waktu belajar

Sahabat Penulis Cilik, Pembaca Hilda, yuk bersama-sama terapkan tips-tips ini! Dijamin, kamu bisa ranking 1 tanpa menyontek. O iya, jangan pernah menyontek, ya. Percaya dirilah dengan apa yang kamu sudah pelajari. Semangat, ya! 

Terima kasih sudah membaca Cerita Anak – Belajar Online dan Tips Ranking 1 di Kelas. SELAMAT BELAJAR!

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu