in

KerenKeren SenangSenang

Cerita Anak: Berlibur ke Taman Mini

Cerita Anak: Berlibur ke Taman Mini
Cerita Anak: Berlibur ke Taman Mini

Cerita Anak: Berlibur ke Taman Mini. Hari ini Salma dan Salim sedang bersiap-siap. Mereka akan berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah. Bunda dan Ayah bilang kalau kita pergi ke sana, rasanya seperti berkeliling Indonesia dalam satu hari.

Di perjalanan, Salma dan Salim dapat melihat gedung-gedung menjulang tinggi. Banyak sekali orang di sekitar mereka. Ada pedagang, pejalan kaki, pekerja, sampai anak-anak yang sedang bermain.

“Ramai sekali, ya!” Kata Salim. Bunda pun menjawab, “Iya, sayang. Kita hidup di dunia ini dengan banyak sekali orang., setiap orang itu punya kegiatan dan hidupnya masing-masing, tapi kita semua tetap berdampingan”

“Sudah sampai!” Salma dan Salim bersorak girang, mereka segera turun dari mobil dan merentangkan tangan. Wah luas sekali taman mini ini! Banyak orang menggunakan sepeda, ada pula yang berjalan kaki.

Mereka pun melewati banyak rumah adat dan berkenalan dengan orang baru. Kali ini, Salma ingin pergi ke Bali. Setelah sampai di sana, Salma dan Salim kagum dengan keindahan dan corak warna khas Bali.

Di tiap rumah itu, Salma dan Salim melihat baju adat, senjata tradisional, juga foto tarian-tarian daerah. Seru sekali “Keren sekali ya, Ayah, Indonesia orangnya unik-unik!” Kata Salma diiringi tawa dari Ayah dan Bunda.

“Iya, sayang. Tapi meskipun berbeda-beda, kita tetap saudara. Salma dan Salim tadi sudah melihat keragaman budaya, bahasa, sampai cara bicaranya. Supaya bisa hidup tentram, kita semua harus saling menghargai.”

 “Kenken kabare?” Kata petugas dengan ramah, namanya Ni Kadek. Orangnya sangat ramah dan baik hati. Salma dan Salim merasa senang bertemu Ni Kadek. Setelah dari Bali, mereka pun beristirahat sejenak untuk salat Dzuhur. Ni Kadek dari Bali bukan umat Muslim, tapi dia mempersilakan agar mereka Salat terlebih dahulu.

Selesai Salat, para pengunjung dari berbagai daerah makan bersama dan saling mencicipi makanan masing-masing. Ni Kadek sudah menunggu mereka dan menyiapkan makanan khas bali, yaitu sambal matah. Ada juga bazar makanan lain yang bisa dicicipi.

Semua orang nampak senang dan tidak membeda-bedakan satu sama lain. Ni kadek bahkan memperkenalkan mereka pada pengunjung dan penjaga lainnya. Kini mereka pun makan ramai-ramai.

Salma dan Salim bersyukur tinggal di Indonesia karena makanannya juga beragam dan enak-enak, mereka tidak akan bosan tinggal di sini!

Baca:
Cerita Anak: Balon Harapan
Cerpen Persahabatan Lucu
Cerita Anak: Harta Karun
Cerita Anak: Kue Ulang Tahun Kakak
Cerita Anak: Pita Emas
Cerita Anak: Ajaibnya Sedekah

Terima kasih sudah membaca Cerita Anak: Berlibur ke Taman Mini. Semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu