in

Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut

Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut
Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut

Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut. Semoga setelah membaca cerita ini kamu akan semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan. Sebab gigi adalah salah satu organ tubuh yang harus kita jaga.

Cerita ini bertema kesehatan, menjelaskan tentang seorang anak yang malas menggosok gigi sebelum tidur dan setiap mandi pagi sebelum berangkat ke sekolah.

Cerita anak tentang kesehatan gigi dan mulut

Aldi tidak merasakan apa-apa, tetapi entah kenapa dia banyak temannya tidak pernah mau berbicara berhadapan langsung, mereka selalu memalingkan mukanya ke arah yang berbeda.

Ketika jam istirahat, dia duduk di depan perpustakaan, memang disediakan kursi untuk anak-anak yang ingin mengenakan sepatu setelah masuk ke dalam.

Aturan di Sekolah Aldi, tidak boleh mengenakan sepatu ke dalam. Awalnya ini dia anggap biasa saja, sampai suatu ketika, “Aduh, kamu habis makan apa sih kok bau banget mulutnya!,” celetuk temannya yang tidak jadi bertanya.

Sebetulnya, tadi temannya bertanya tentang buku perpustakaan sekolah yang lupa dia kembalikan, namun sebelum Aldi menjawab, temannya memotong dengan kalimat tadi.

Baca juga : Manfaat tidak menggosok gigi

Aldi segera ke toilet, dia mencium napasnya berulang kali dengan bantuan tangan yang ditempelkan ke mulut, tapi sayangnya dia tidak mencium apa-apa.

Merasa tidak menemukan jawabannya, dia pun pergi ke Unit Kesehatan Sekolah (UKS), bertanya kepada salah satu guru yang bertugas di sana, “Ibu, maaf kenapa mulut saya bau?” tanya Aldi mencari jawaban.

Aldi yang sudah dipersilakan duduk itu, akhirnya diperiksa, “Coba buka mulutmu,” pinta Ibu guru, “aduh Aldi, kamu jarang gosok gigi ya, banyak sekali gigi kamu yang bolong, walau bolongnya kecil-kecil tapi ini adalah alasan utama gigi kamu bau,” jelas bu Guru.

“Ibu, maaf, tapi aku belum pernah merasakan sakit gigi sebelumnya,” jawab Aldi.

“Gigi kamu masih bagus, tapi jika tidak segera ditambal, itu bisa menyebabkan gigi kamu sakit, ditambah banyak sisa-sisa makanannyan yang menyangkut di sela-sela gigi,” ucap ibu guru menjelaskan, “kamu harus gosok gigi sebelum tidur, dan setelah sarapan sebelum berangkat sekolah,” tambahan penjelasan Ibu guru.

Sepulang sekolah Aldi menceritakan masalahnya kepada Ibunya, kemudian dia diajak ke Dokter gigi, di sana dia diobati dan ditambal beberapa gigi yang bolong.

Semenjak saat itu, dia tidak pernah lagi malas menggosok gigi dengan bersih dengan pasta gigi rasa strawberry kesukaanya. Sekarang napas Aldi sudah tidak bau lagi, bahkan wangi, seperti parfum strawberry.

Aldi menjadi anak yang percaya diri ketika berbicara, begitu juga teman-teman yang biasanya menjauh, kini menjadi sahabat baik Aldi.

Baca juga : Dongeng tentang sakit gigi

Itulah karangan cerpen singkat tentang kesehatan gigi dan mulut, terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Keona Faneta

Dengan menulis aku bisa menuangkan rasa gundah yang selama ini aku pendam, dengan menulis juga aku belajar merangkai kata.

Years Of MembershipContent Author

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi