in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cindelaras Anak Siapa?

Ringkasan Cerita Cindelaras dan Tokoh Utama
Ringkasan Cerita Cindelaras dan Tokoh Utama

Ringkasan cerita Cindelaras dan tokoh utama. Cie yang lagi ribet cari tugas, Ini adalah kunci jawaban dari tugas Bahasa Indonesia kelas 9, yang kamu cari.

Biasakan jangan asal copy paste, tapi dibaca lagi dan diperbaiki ya, terima kasih.

Cerita Cindelaras

Cindelaras merupakan salah satu cerita rakyat Indonesia dari Jawa Timur. Cerita ini berkisah tentang seorang Raja yang gegabah dan mudah terbakar amarah, tidak pernah memeriksa kebenaran suatu informasi baik.

Baca juga : Asal usul Danau Toba

Ini adalah sinopsis cerita Cindelaras:

Ringkasan Cerita Cindelaras

Berikut ini adalah ringkasan cerita atau inti dari dongeng Cindelaras dengan singkat yang aku tulis dalam bahasa Indonesia

Kisah seorang anak bernama Cindelaras, yang tinggal di Hutan bersama Ibunya. Ibunya adalah seorang Permaisuri yang di usir karena difitnah telah meracuni Selir dan Tabib Kerajaan Jenggala.

Cindelaras bermaksud untuk menjelaskan semua permasalahan yang terjadi kepada Ayahnya (Raden Putra), namun itu sangat sudah untuk dilakukan.

Ayam jago milik Cindelaras yang bisa berkokok unik, berhasil mengalahkan semua para penyabung ayam di kerajaan itu. Raja Jenggala penasaran, meintan hulubalang untuk mengatur pertandingan.

Cindelaras meminta syarat, jika kalah dia bersedia dipancung, dan jika menang dia minta setengah kekayaan Raden Putra. Pertarungan itu dimenangkan oleh Cindelaras, kemudian dia menceritakan duduk permasalahannya dan dibantu oleh Patih Kerajaan yang menolong Ibunya dahulu.

Akhirnya, Selir itu pun di berikan hukuman yang setimpal oleh Raden Putra. Raja segera memerintahkan prajuritnya untuk menjemput Permaisuri di Hutan.

Baca juga : Legenda batu menangis

Pesan Moral Cerita Cindelaras

Amanat cerita Cindelaras adalah jangan mudah percaya terhadap info yang kita terima, cari tahu kebenarannya, jangan cepat mengambil keputusan, yang berakibat buruk kepada orang lain.

Begitu juga di zaman sekarang ini, dimana semua informasi tersebar di Internet, salah satunya adalah sosial media (hoax), jangan mudah percaya, sebelum kamu benar-benar mengetahui kebenarannya.

Tokoh Utama Cerita Cindelaras

Tokoh dalam cerita ini adalah:

  1. Cindelaras berwatak baik dan cerdas
  2. Raden Putra berwatak berwatak baik, mudah dibodohi, dan ceroboh
  3. Permaisuri berwatak baik hati, cerdas, dan penyabar
  4. Selir berwatak licik dan pendengki

Video Dongeng Cerita Cindelaras

Jika kamu belum pernah mengetahu atau membaca ceritanya, silahkan tonton video dongeng ini:

Nah itu saja yang bisa aku buat, semoga dapat menjawab pertanyaan teman-teman semua, mohon koreksi jika salah ya.

Yuk tulis komentar kamu