in

Cerita inspiratif botol dan manusia

Cerita inspiratif botol
Cerita inspiratif botol

Cerita inspiratif botol dan manusia. Pada suatu hari, seorang kakek tua yang berada di dalam mobil mewah, memperhatikan seorang pemuda penjual cimol.

Disela-sela melayani pelangan, sang pemuda terus membicarakan kejelekan orang lain kepada penjual lainnya. Bahkan dia secara tidak langsung mejelaskan bahwa dia tidak berharga, baginya kekayaan merupakan ukuran mutu seseorang. Mungkin itu alasan kenapa banyak teman dekat yang mulai mejauhinya, dia berpikir semua itu akibat kemiskinan yang ia hadapi.

Hari ke dua, hari ke tiga, bahkan sampai hari ke empat, pemuda itu masih saja mengutuk dirinya. Kakek yang masih setia mendengarkan dan menunggu cucunya keluar dari sekolah itu, akhirnya keluar dan mendekatinya.

Setelah menjelaskan siapa dirinya, sang kakek itu menawarkan kepada pemuda untuk bertukar posisi selama beberapa hari, dia tinggal di rumah mewah dan menikmati kemewahannya, sedangkan sang kakek menjadi tukang cimol dan tinggal di kontrakan sang pemuda.

Singkat cerita, beberapa hari berlalu, sang pemuda merasa tak ada perubahan, bahkan ketika semua teman-temannya di undang ke rumah mewahnya itu, masih sama saja, semua orang masih menjauhinya.

“Kenapa kekayaan ini masih tidah bisa merubahku, bukankah semua orang harusnya menghormatiku karena kekayaan ini?” ucapnya dalam hati.

Hari itupun tiba, hari dimana dia harus menjadi dirinya sendiri. Sang kakek mendatanginya dan bertanya, “apakah kamu merasa nyaman dengan semua ini?”

Sang pemuda hanya terdiam dan menunduk dengan mimik muka sedih. Sang kakek menjelaskan bahwa kekayaan bukanlah ukuran mutu seseorang. Pada dasarnya, semua manusia itu sama di hadapan Tuhan.

“Jika ada dua botol yang sama, salah satunya diisi air got dan satu lagi diisi parfum mewah, tentunya kamu akan memilih botol parfum kan?” tanya sang kakek.

Pemuda itu mengangguk…

“Begitu juga dengan manusia, yang memjadikan dia bermutu bukan dari hartanya, melainkan akhlaknya,” ucap kakek memperjelas.

Pesan moral Cerita inspiratif botol dan manusia

Pemuda itu sadar, dia sudah mengerti dan menyadari keselahannya. Harta hanya bonus manusia, yang utama adalah keimanan, kejujuran, kemuliaan, ketakwaaan kepada tuhan, dan kebaikan antar sesama manusia lainnya.

Baca:
Kisah Abu Nawas
Cerita Inspiratif Nilai Dari Sebuah Keikhlasan
Cerita inspiratif pendek Anak berbakti

Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini, koreksi jika akau salah ya!

Yuk tulis komentar kamu