in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cerita Rakyat Nusantara 366 Cerita dari 33 Provinsi

Cerita Rakyat Nusantara 366 Cerita dari 33 Provinsi
Cerita Rakyat Nusantara 366 Cerita dari 33 Provinsi

Cerita Rakyat Nusantara. Ada lebih 366 Cerita rakyat dari 33 Provinsi, semuanya sangat menarik dan tentunya akan membah pengetahuan kita tentang sisilah Indonesia.

Cerita rakyat adalah salah satu jenis karya sastra yang mana cerita tersebut berkembang dalam kehidupan masyarakat. Cerita rakyat diwariskan turun temurun secara lisan kepada generasi selanjutnya. (wikipedia)

Macam-macam karya cerita rakyat yang dapat kita jumpai adalah cerita binatang, legenda, cerita jenaka dan lain-lain.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara

Berikut ini adalah kumpulan kisah beberapa cerita rakyat nusantara pendek yang singkat dan menarik sehingga dapat kalian jadikan sebagai referensi bacaan:

Legenda Rawa Pening

Cerita Rakyat Legenda Rawa Pening
Cerita Rakyat Legenda Rawa Pening

Alkisah ada seorang wanita yang tinggal di desa ngasem bernama Endang Sawitri. Saat ini Endang sedang hamil dan tak lama lagi melahirkan anak. Namun, bayi yang dikeluarkan dari perutnya bukan berwujud manusia melainkan seekor naga. Dia dapat berbicara layaknya manusia.

Naga tersebut bernama Baru Klinting. Saat menginjak dewasa ia ingin mengetahui tentang ayahnya. Ibunya pun menjelaskan bahwa ayahnya adalah seorang raja yang sedang bertapa di gua yang berada di lereng Gunung Telomoyo. Sebelum mencari ayahnya, Endang sang ibu memberikan tanda pengenal berupa klinting yang dulu diberikan oleh ayahnya.

Saat bertemu dengan ayahnya maka ia menjelaskan dan menunjukkan sebuah klinting. Setelah itu, ayahnya memberikan satu lagi tantangan, Baru Klinting diminta untuk melingkari gunung. Baru Klinthing pun menyetujuinya.

Namun saat ia bertapa di tengah hutan ia ditangkap oleh penduduk yang kemudian aakndijadikan santapan pesta karena mereka tak berhasil menemukan hewan. Arwahnya berubah menjelma menjadi anak kecil. Ia lalu meminta makanan namun penduduk tidak menerimanya.

Ia bertemu dengan seorang nenek yang mau merawatnya dan memberinya makan. Setelah itu ia kembali ke pesta dan hal yang sama pun terulang. Warga pun tetap mengusirnya. Lalu beberapa saat setelah itu ia menancapkan sebuah lidi ke tanah. Ia menantang warga untuk mencabutnya, namun tak satapun berhasil mencabut.

Ia pun mencabutnya lalu saat itu juga muncullah air yang sekarang menjadi rawa pening. Tak ada warga yang selamat kecuali nenek yang memberinya makanan. Nenek tersebut telah diberi pesan untuk masuk ke dalam lesung oleh Baru Klinting.

Baca juga Kisah Pangeran Diponegoro

Legenda Roro Jongrang

Cerita Rakyat Legenda Roro Jongrang
Cerita Rakyat Legenda Roro Jongrang

Alkisah ada sebuah cerita rakyat nusantara yang berasal dari kerajaan Prambanan. Kerajaan tersebut sangat besar dan dipimpin oleh Prabu Baka. Suatu hari Raja Pengging memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Prambanan. Keesokan harinya Bandung Bondowoso bersama para pasukannya menyerang Kerajaan Prambanan.

Setelah memperoleh kemenangan maka Raja Pengging memerintahkan Bondowoso untuk menempati Prambanan. Saat itu juga ia meminta Roro Jonggrang untuk menjadi istrinya. Akhirnya Roro Jonggrang memberikan tantangan berupa 1000 buah candi dan 2 buah sumuryang harus dikerjakan selama semalam. Bondowoso pun menyetujui permintaannya.

Akhirnya Roro Jonggrang dengan bantuan para dayang menyusun strategi agar menggagalkan kinerja Bandung Bondowoso. Dia membuat suasana menjadi tampak seolah-oleh sudah pagi.

Para dayang membakar jerami agar seolah-olah hari sudah pagi dan langit berwarna merah. Selain itu, ada yang membunyikan lesung dan menaburkan bunga yang wangi dan ayam pun mulai berkokok.

Melihat kondisi tersebut bala tentara Bandung Bondowoso segera pergi meninggalkan tempat pembuatan candi. Roro Jonggrang pun hadir dan mengatakan bahwa Bandung Bondowoso tidak mampu menyelesaikan tantangan yang diminta olehnya.

Bandung Bondowoso pun akhirnya mengutuk Roro Jonggranng menjadi patung untuk melengkapi candi agar berjumlah 1000.

Legenda Timun Mas

Gambar Cerita Rakyat Dongeng Timun Mas
Gambar Cerita Rakyat Dongeng Timun Mas

Cerita rakyat nusantara lainnya adalah legenda timun mas. Di suatu desa hidup seorang janda bernama Mbok Sarni. Ia hidup sendirian dan tidak memiliki anak. Suatu hari Mbok Sarni pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Namun ia bertemu dengan raksasa. Ia akan memperbolehkan lewat setelah memberikan seorang anak untuk disantap. Lalu ia pun bercerita kalau tidak punya anak.

Mendengar hal itu, raksasa memberikan biji timun untuk ditanam. Ia pun menerimanya dengan catatan bahwa setelah dua minggu mendapat anak maka di usianya yang ke 6 tahun anak tersebut harus diserahkan kembali kepada raksasa. Mbok Sarni pun menyetujuinya.

Saat waktu yang ditentukan telah tiba, kini raksasa berminat untuk mengambil timun mas. Mbok Sarni pun selalu mencoba untuk mencari cara agar raksasa tidak mengambil timun mas.

Suatu hari Mbok Sarni bermimpi agar timun mas menemui petapa di Gunung. Dengan segera keesokan harinya timun emas pun pergi menemui petapa tersebut. Petapa tersebut memberikan 4 macam barang, yaitu biji mentimun, jarum, garam dan terasi. Timun mas diminta untuk menebarkannya satu persatu saat raksasa mengejarnya.

Pagi harinya raksasa datang mencari timun mas, kemudian timun mas keluar karena tidak tega melihat Mbok Sarni yang memohon kepada raksasa agar dirinya saja yang diambil bukan timun mas.

Akhirnya timun mas keluar dan berlari. Raksasa mengejarnya. Saat itu pula timun mas melakukan apa yang telah diberi tahu oleh petapa. Pertama ia melempar kantong yang berisi biji mentimun dan tumbuhlah mentimun dengan lebat sehingga raksasa kesulitan untuk mengejar timun masa.

Raksasa pun masih bisa lolos, lalu ia taburkan jarum. Sesaat setelah itu muncullah pohon bambu. Raksasa pun masih tetap bisa mengejarnya meski dengan kaki yang terluka. Selanjutnya ia menabur garam sehingga hutan tersebut menjadi lautan. Namun raksasa tersebut masih bisa mengejarnya.

Lalu timun mas melempar terasi, seketika itu juga terbentuklah lautan lumpur di tanah yang terkena terasi. Raksasa pun tak mampu mengejarnya lagi dan mati di tengah lumpur. Akhirnya timun mas dan mbok sarni hidup bahagia.

Baca juga versi lain dari kisah Timun Mas

Legenda Lutung Kasarung

Story telling pendek dan mudah dihafal - Lutung Kasarung
Story telling pendek dan mudah dihafal – Lutung Kasarung

Alkisah pada zaman dahulu terdapat daerah pasundan dengan raja yang memerintah Prabu Tapak Agung. Ia memiliki dua anak perempuan bernama Purbararang dan Purbasari. Suatu hari ayah mereka meminta Purbasari untuk menggantikan ayahnya yang sudah semakin tua.

Mendengar hal ini Purbararang tidak menyetujuinya dan bermaksud untuk membuang adeknya. Ia menemui tukang sihir untuk menggagalkan adeknya menjadi penerus ayahnya. Setelah ia menemui tukang sihir maka Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Dengan kondisi demikian Purbasari diusir dari istana.

Purbasari diasingkan di tengah hutan, sang patih yang mengantarnya pun membuatkan tempat tinggal di tengah hutan untuk Purbasari. Di sana ia tidak sendirian karena banyak hewan-hewan yang menemaninya. Diantara banyaknya hewan di hutan tersebut, ada satu hewan seperti kera yang sangat perhatian dan baik kepadanya, dia lah Lutung Kasarung.

Pada saat bulan purnama Lutung Kasarung pergi ke suatu tempat yang sepi untuk bersemedi. Setelah Lutung Kasarung bersemedi lama maka di sebelahnya muncul air yang membentuk telaga di mana air tersebut sangat harus dan jernih airnya.

Keesokan harinya Lutung kasarung meminta Purbasari untuk mandi di telaga. Ia pun menuruti permintaannya. Setelah mandi maka kulit Purbasari kembali cantik seperti semula. Pada hari tersebut kakaknya Purbararang mengunjunginya di hutan. Kakaknya pergi bersama pengawal dan tunangannya.

Ia mengajak adeknya untuk beradu panjang rambut. Pemenangnya adalah yang memiliki rambut paling panjang. Dalam beradu ini Purbasari yang memenangkan. Kakaknya masih ingin beradu dengannya tentang ketampanan tunangannya. Awalnya Purbasari bingung namun tiba-tiba ia menarik Lutung sahabatnya.

Kemudian terjadi sebuah keajaiban, yaitu Lutung Kasarung sahabat Purbasari telah berubah menjadi seorang pemuda yang sangat tampan. Lagi-lagi Purbararang kalah, lalu Purbararang mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Kini Purbasari kembali ke istana memimpin kerajaan peninggalan ayahnya.

Baca versi lain dari cerita anak Lutung Kasarung di sini

Yuk tulis komentar kamu