in

NgakakNgakak SenangSenang SedihSedih KerenKeren KagetKaget

Cerita singa dan tikus penakut

Cerita singa dan tikus
Cerita singa dan tikus

Cerita singa dan tikus. Pada suatu daerah hutan hujan tropis, hiduplah seekor tikus kecil, dia sangat takut akan rubah, serigala, dan bahkan dirinya sendiri.

Saking takutnya, ketika angin bertiup dan ranting bergerak, ia pun segera mencari lubang untuk sembunyi, karena itu pula semua hewan mengolok-oloknya.

Pada suatu hari tikus mengumpulkan keberaniannya dan pergi menemui raja hutan sang singa. Singa baru saja selesai makan siang, ia sedang tidur siang di depan gua nya.

Teman-temannya tikus, semuanya penasaran pada rencana tikus.

Tikus mulai memanjat ekor singa, Iya naik ke atas punggung singa dengan wajah penuh percaya diri, dia berpose di hadapan teman-temannya meskipun sangat takut. Ia melakukan semua rencananya sehingga ketakutan yang tidak terlihat.

Tepat pada saat itu singa bangun dan singa mengguncangkan bulunya tikus pun terjatuh. Tikus dan singa saling berpandang-pandangan. Semua hewan yang melihat itu menjadi khawatir.

“Oh tidak Singa akan memakan tikus itu,” bisik salah satu hewan lain yang melihat kelakuan tikus..

“Nekat sekali, berani sekali, apa yang kau lakukan di punggungku?” ucap Singa dengan murah marah.

Dengan gemetar tikus berkata, “tolong jangan memakanku, aku hanya berusaha menghulangkan rasa takutku, aku sangat penakut, bahkan hanya mendengar ranting yang bergeser karena tertiup angin aku ketakutan. Aku ingin menghilangkan rasa ketakutan ini. Mau kah kau melindungiku?”

“Haha… haha.. kenapa aku harus menolongmu, beri aku satu alasan bagus kenapa aku harus menolongmu!” jelas Singa.

“Mungkin suatu hari nanti, aku akan menolongmu?”

Mendengar jawaban tikus yang mustahil, Singa pun menjawab, “bagaimana seekor tikus kecil sepertimu bisa mambantuku. Untung saja, aku sudah kenyang, pergilah kau dari hadapanku.”

Tikus pergi dan menjauh. Sementara singa melanjutkan tidurnya.

Beberapa waktu terlah berlalu, Singa pun mulai merasa lapar, dia berjalan menyusuri hutan mencari mangsa buruan, karena tidak hati-hati, dia tidak melihat adanya jaring perangkap milik pemburu, sampai akhirnya dia tergantung di udara terikat oleh jaring.

Singa sejujurnya takut, tetapi karena banyak hewan yang melihat, dia pun mau untuk meminta tolong. Sampai akhirnya tikus pun melihat, dia mulai naik dari ekor singa yang mejulur ke bawah, kemudian berjalan sampai pada pangkal tali yang mengikat jaring.

“Hey pemburu datang!” teriak kelinci.

Mendengar kaya pemburu, semua hewan ketakutan, namun tikus masih terus berusaha memutuskan tali besar itu tanpa ada rasa takut.

Burk!! Singapun terjatuh, “Ayo cepat kau naik ke punggungku,” Ucap singa kepada tikus. Merekapun berlari menuju gua milik singa. Kemudian singa menunduk dan meminta tikus untuk turun.

“Terima kasih kau sudah menolongku, kau membuktikan bahwa kau memang pemberani. Jika aku adalag raja hutan, maka kau adalah pangeranku!” Singa dan tikus tertawa bersama.

Pesan Moral Cerita singa dan tikus

Sehebat apapun kamu, akan tetap membutuhkan orang lain, jadi jangan menginda atau merendahkan mereka yang kamu anggap lemah atau tidak berguna. Tetap rendah hati!

Baca:
Cerita Anak Tentang Nelayan dan Buruh Pabrik
Cerita Anak 17 Agustusan
Cerita Jenaka adalah?
Dongeng Anak Singa dan Nyamuk

Terima kasih sudah membaca, koreksi jika aku salah, dan bagikan jika ini bermanfaat.

Satu Komentar.

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu