in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Contoh biantara bahasa sunda pendek dan artinya (pidato)

Contoh biantara bahasa sunda pendek dan artinya
Contoh biantara bahasa sunda pendek dan artinya

Contoh biantara bahasa sunda pendek dan artinya. Untuk kamu yang belum tahu Biantara adalah pidato. Membacakan pidato dalam bahasa sudan gampang-gampang susah, karena ada logat yang harus kita tirukan.

Sudah, aku bukan mau menjelakan tentang cara berpidato, tetapi hanya ingin memberikan contoh biatara bahasa sunda pendek.

Aku juga menambahkan penjelasan artinya, sehingga kamu akan lebih percaya diri dan memahami arti dari pidato yang kamu sampaikan.

Baca juga :

  1. Contoh Wawangsalan bahasa sunda
  2. Contoh Sisindiran bahasa sunda

Contoh biantara bahasa sunda pendek

Ada orang yang sedang membca pidato yang diseliligi dengan candaan, ada juga yang serius, kamu suka yang mana?

Contoh tentang kesehatan dan kebersihan lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Wilujeng enjing ka sadayana, Bapa sareng Ibu guru anu ku simkuring dipihormat, teu hilap ka sadaya rerencangan anu ku simkuring dipikacinta.

Artinya: Selamat pagi semuanya, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, tidak lupa teman-teman semua yang saya cintai.

Langkung ti payun, urang sanggakeun puji sareng sukur ka hadirat Allah SWT, anu parantos marengkeun sadayana dugi ka tiasa patepang, ngariung dina ieu acara kalayan sehat wal afiat.

Artinya: Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, yang sudah mempertemukan kita semua, berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pala wargi anu ku simkuring dipihormat.

Artinya: Kepada semua yang saya hormati.

Dina waktos ieu, simkuring bade ngadugikeun pentingna hirup sehat, di bumi sareng sakola, kusabab kabersihan lingkungan sakola, tanggung jawab sadayanan, sangkan ditebihkeun tina sagala rupi panyakit.

Artinya: Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pentingnya hidup sehat di rumah dan sekolah, sebab kebersihan sekolah adalah tanggung jawab semua warga sekolah, agar kita semua dijauhkan dari berbagai penyakit.

Ku margi kitu, urang sadayana kedah ngajaga kabersihan sadidintenna. Tong hilap ibak, maresihan kuku, nyikat waos, sareng saterasna. Tah eta conto anu disebat hirup anu sehat.

Artinya: Oleh sebab itu, kita semua harus menjaga kebersihan setiap hati. Jangan lupa mandi, membersohkan kuku, menyikat gigi, dsb. Nah itulah salah satu contoh hidup sehat.

Conto anu sanesna deui, miceun runtah teu sambarangan, nyiduh teu kenging dimana wae, batuk atanapi bersin ditutup ku selampe atanapi panangan.

Artinya: Contoh lainnya adalah, membuang sampah tidak sembarangan, meludah tidak dimana aja, batuk atau bersin ditutup menggunakan saputangan atau tangan.

Upami sadidinten urang tos tiasa ngajagi kabersihan, InsyaAllah awak bakal jangjag dugi ka sepuhna. Moal aya banjir, kusabab teu aya runtah dina got, moal aya reungit, anu ngabagikeun panyakit, sangkan hirup urang sadaya adem jeung tentrem.

Artinya: Jika setiap hari kita sudah bisa menjaga kebersihan, InsyaAllah badan akan sehat sampai tua. Tidak ada banjir, sebeb tidak ada sampah yang menyumbat got, tidak ada nyamuk yang meyebarkan penyakit, sampai kehidupan kita semua adem dan tentram.

Para hadirin ka sadayana, rupina dicekapkeun sakieu anu kapihatur, kirang langkungna nyuhunkeuh dihampunten.

Artinya: Para Guru dan teman-teman semua, sepertinya apa yang saya sampaikan cukup sampai di sini, kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga : Contoh pidato mudah di hafal

Itulah sepertinya yang bisa aku buat, terima kasih sudah membaca contoh biantara bahasa sunda pendek dan artinya, semoga bermanfaat. Oia aku ada tugas untuk kalian, bisa gak merubah biantara bahasa sunda di atas menjadi lebih panjang, tentang:

  1. pidato bahasa sunda singkat tentang agama
  2. contoh pidato bahasa sunda tentang menuntut ilmu
  3. pidato bahasa sunda tentang lingkungan
  4. biantara bahasa sunda tentang kebudayaan

Yuk tulis komentar kamu