in

TakutTakut

Contoh Biografi Bahasa Sunda dan Artinya

Contoh Biografi Bahasa Sunda
Contoh Biografi Bahasa Sunda

Berikan contoh biografi bahasa sunda. Ini pelajaran Bahasa Daerah, Sekolah Menengah Pertama (SMP), tentang Biografi.

Biografi adalah suatu kisah atau cerita tentang kehidupan seseorang. Pada pembuatan biografi, harus diceritakan tentang keterlibatan perasaan yang dialami tokoh yang diceritakan, kenapa demikian?

Sebab biografi tidak hanya berisi tanggal lahir ataupun kematian seseorang saja, tetapi lebih kompleks serta mampu menjelaskan kehidupannya.

Contoh Biografi Bahasa Sunda

Biasanya biografi tokoh atau artis terkenal yang sering laku dijual di toko buku, tetapi yang sering dijadikan tugas sekolah adalah tantang rerencangan/ babaturan, ibu/ bapak, dll.

Berikut ini contoh Biografi Bahasa Sunda tentang dan artinya, namun hanya singkat saja ya…

Baca:
Perbedaan biografi dan autobiografi

Contoh Biografi Ibu/ Bapak

Ini contoh untuk Ibu, tetapi kamu bisa modifikasi menjadi ayah, karena ada artinya.

Ema abdi namina Riri Fitriani, lahir di Lenteng Agung, 9 Juni 1986. Anjeuna budak sulung atanapi kahiji tina tilu sodara. Nani Bapa na Dadang Ruhyat, sareng Ema anjeuna namina Rusmina.

Artinya: Ibuku namanya Rian Fitriani, Lentang Agung, 9 Juni 1986. Anak sulung atau pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Dadang Ruhyat, dan Ibunya bernama Rusmina.

Ema sakola di SD Lenteng Agung 01, SMP 98 Jakarta, SMA 38 Jaksel, Anjeuna lulus kuliah di Universitas Binus taun 2008.

Artinya: Ibu sekolah di…, dia lulus kuliah di….

Dina taun 2008, Ema teras didamel di Kemenkominfo, janten honorer. Kusabab taun 2010 gaduh putra deui, janten wae liren, ayuna usaha nyalira atanapi wirausaha.

Artinya: Pada Tahun 2008, Ibu bekerja di Kemenkominfo, jadi honorer. Karena tahun 2010 mempunyai anak lagi, jadi dia berhenti bekerja, sekarang bekerja sendiri (wirausaha).

Baca:
Contoh dongeng parabel bahasa Sunda
Pidato bahasa Sunda tentang perpisahan Sekolah
Percakapan bahasa Sunda dan artinya

Contoh biografi rerencangan bahasa sunda

Berikut ini contoh biografi rerencangan/ babaturan sekolah di kelas dalam bahasa sunda.

Namina Kaliza Putri Yaya, tiasa disebat Yaya atanapi Kaliza. Ajeunna lahir kaping 29 Mei 2002 di Bogor. Ayeuna cicing di (alamat).

Artinya: Namanya Kaliza Putri Yaya, bisa dipanggil Yaya atau Kaliza. Dia lahir pada tanggal 29 Mei 2002 di Bogor. Sekarang tinggal di (alamat).

Kaliza budak bungsu, nya eta anu kagenep. Taun 2012 anjeuna lebet ka SD 01 Lentengagung, dilajengkeun ka SMP Penulis Cilik dugi ka ayeuna.

Artinya: Kaliza anak bungsu, atau anak keenam. Tahun 2012 dia masuk ke SD 01 Lenteng, kemudian melanjutkan ke SMP Penulis Cilik sampai sekarang.

Nalika ti SD tos berprestasi, ayeuna di SMP anjeuna oge sami, kalebet siswi pinter tur teladan. Gaduh cita-cita janten youtuber, sangkan tiasa nyandak Ema/Bapa ka Mekah, saurna.

Artinya: Dari SD dia sudah berprestasi, sekarang di SMP pun sama, termasuk siswi pinta dan teladan. Mempunyai cita-cita jadi youtuber, agar bisa cepat memaba orang tua ke Mekah, katanya.

Baca:
Status capruk lucu
Pupujian bahasa sunda
Berita bahasa Sunda

Nah itulah Contoh Biografi Bahasa Sunda dan Artinya, koreksi jika aku salah. Jika ada kesamaan nama dan tempat, mohon dimaafkan. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu