in ,

Contoh Ide Kerajinan Dari Barang Bekas Disekitar Kita

Contoh Ide Kerajinan Dari Barang Bekas Disekitar Kita
Contoh Ide Kerajinan Dari Barang Bekas Disekitar Kita

Contoh ide kerajinan dari barang bekas disekitar kita. Kerajinan tangan adalah seni dalam membuat barang yang bagus dengan menggunakan barang tertentu. Kerajinan tangan dari bahan bekas ini berarti menggunakan barang yang sudah tidak lagi dipakai menjadi barang yang memiliki nilai tinggi dan tentunya bermanfaat. Menggunakan barang bekas dan menjadikannya sebagai kerajinan membutuhkan kreativitas yang tinggi. Dengan mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang menarik, maka membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi.

Jika kamu punya banyak barang – barang bekas yang menumpuk dalam rumah dan tidak tahu mau diapakan barang tersebut. Sebagian besar orang pasti membuangnya karena menganggap barang itu tidak berguna lagi. Namun bagi sebagian orang yang memiliki daya kreativitas tinggi akan mengolah barang bekas tersebut menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai tinggi. Cara mengolah barang bekas memang susah – susah gampang. Untuk Orang tua yang memiliki anak sedang dalam masa pertumbuhan, maka akan lebih baik jika sebagai mengajaknya untuk meningkatkan kreativitas dengan membuat kerajinan.

Baca juga: cara membuat kerajinan dari sedotan

Kerajinan yang tepat untuk diberikan kepadanya yaitu kerajinan tangan yang dapat mengasah keterampilan anak dan kecerdasan otak anak. Sebaiknya kerajinan tangan yang dibuat juga dapat mengasah kreativitas anak. Ada banyak kerajinan tangan yang untuk anak – anak ini beragam bentuknya. Anak – anak memang memiliki daya kreativitas tinggi, dan sebagai orang tua jika kita membimbing anak tersebut maka tingkat kreativitas anak akan semakin tinggi.

Untuk kamu yang masih sekolah, mungkin artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat dan menyelesaikan tugas prakarya di sekolah.

Kerajinan Dari Barang Bekas Di Sekitar Kita

Semua orang setiap hari memproduksi sampah dengan berbagai jenis, dan dibuang begitu saja. Seperti berbagai jenis botol plastik, bekas kaca yang tajam, kaleng bekas makanan dan minuman, dan lain – lain. Bagi yang ingin memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai tersebut akan dijadikan sebuah kerajinan tangan, dan akan lebih seru jika ada orang tua yang mendampingi pembuatannya. Berikut adalah contoh kerajinan tangan unik dari barang bekas yang dapat kamu buat:

  1. Kerajinan Dari Barang Bekas Botol yang unik

Botol adalah tempat untuk air atau minyak. Jika air yang ada di dalamnya habis maka botol tersebut akan dibuang begitu saja. Kamu bisa membuat sedikit kreasi dengan botok – botol bekas tersebut menjadi barang yang bisa dimanfaatkan. Berikut contoh kerajinan tangan yang dapat dibuat dari botol bekas.

Pot Bunga unik Dari Botol Bekas minuman

Pot Bunga Dari Botol Bekas
Pot Bunga Dari Botol Bekas | pinterest.com

Kamu bisa membuat pot bunga dari botol bekas dengan menyiapkan alat dan bahan yaitu botol bekas, gunting, lem, CD, kuas, dan cat warna. Cara membuatnya mulai dengan memotong botol minum bekas yang besar pada bagian tengahnya, kemudian ambil bagian bawah yang akan dijadikan sebagai pot bunganya. Hias menggunakan cat warna sesuai selera. Setelah itu lepaskan tutup botol dan letakkan CD pada bawahnya dan tempel menggunakan lem Ini hanya untuk menyeimbangkan saja bisa digunakan bisa juga tidak. Hias botol pot tersebut sesuai selera dan kemudian isi botol dengan tanah dan bunga atau tanaman.

Mobil-mobilan sederhana dari botol bekas

Mobil-mobilan dari botol bekas
Mobil-mobilan dari botol bekas | boredpanda.com

Untuk kamu yang suka membeli mobil-mobilan yang harganya cukup mahal, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri dari botol bekas, seperti terlihat pada gambar di atas bahwa begitu mudahnya membuat mobil-mobilan di atas. Bahan yang diperlukan adalah Botol (bisa bekas minya atau minuman), pisau cutter, tusuk sate, sandal bekas, tali, kuas, dan cat.

Cara membuat nya hanya dengan menggunakan imajinasi kalian mau membuat seperti apa, tetapi yang jelas adalah lubang untuk membuat roda ban harus sama antara kanan dan kiri, jika tidak sama bisa-bisa tidak berjalan karena akan macet. Gunakan tusuk sate sebagai as yang mengubungkan roda kanan dan kiri. Sebetulnya untuk ban kalian bisa menggunakan tutup botolnya, jika tidak ada bisa menggunakan sandal bekas yang dipotong melingkar dan sama besar. Selanjutnya tinggal dihias. Gunakan tali rapia untuk menarik mainannya.

Tempat pensil lucu dari botol bekas

tempat pensil dari botol bekas yang unik
tempat pensil dari botol bekas yang unik | pinterest.com

Anak sekolah yang kreatif pasti memiliki tempat pensil hasil karyanya sendiri, ada yang menggunakan gelas kemudian di hias, ada juga yang menggunakan botol bekas. Untuk membuat tempat pensil seperti gambar di atas, bahan-bahannya adalah: guntung, cutter, botol bekas shampo atau lotion/hand body. Untuk menghiasnya menggunakan pita, mainan mata, kuas, dan cat. Untuk cara membuatnya kalian sudah pasti mengerti karena hanya tinggal memotong atau menggunting saja.

Baca juga: Cara mebuat bros dari kain perca

  1. Kerajinan Dari Barang Bekas Koran

Bagi kamu yang hobi membaca koran dan berlangganan koran, pastinya memiliki banyak sekali koran – koran yang tidak lagi terpakai, mengingat setiap harinya pasti memiliki koran baru dan dengan berita yang baru juga. Maka koran – koran lama akan semakin menumpuk dan dibiarkan menganggur begitu saja. Namun bagi kamu yang memiliki tingkat kreatif tinggi bisa mengubah koran yang tidak bermanfaat tersebut menjadi sebuah barang yang bermanfaat dan indah tentunya. Berikut adalah contoh dari penggunaan kertas koran bekas sebagai kerajinan tangan yaitu tempat sampah, jam dinding, tempat tisu, dan frame untuk foto.

Caranya kamu hanya perlu menggulung – gulung koran bekas dengan ukuran yang beragam dan kemudian merangkainya menjadi benda yang kalian inginkan. Yang paling utama dalam pembuatannya adalah lem yang kalian gunakan, karena semakin cepat kering semakin mudah untuk menyusun gulungan koran tersebut. Jangan menggunakan lem kertas, karena itu lama sekali keringnya.

Frame Foto dari koran bekas

frame foto unik dari koran bekas
frame foto unik dari koran bekas | cindywoo.com

Kalian harus menggunakan tambahan bahan yaitu kardus bekas sebagai alas, sehingga bisa lebih kuat dan kokoh.

Jam dinding dari koran bekas

jam dinding lucu dari koran bekas
jam dinding lucu dari koran bekas | fitinia.com

Harus membeli mesin jam dinding, atau menggunakan jam yang sudah tidak digunakan dan ambil mesinnya. Bagian tengah dari kerajinan jam dinding di atas jangan terlalu tebah, agar jam bisa bekerja dan berputar dengan baik (tidak nyangkut dan menempel pada gulungan koran).

Tempat sampah dari koran bekas

tempat sampah dari koran bekas
tempat sampah dari koran bekas | kerajinan-keren.blogspot.com

Gunakan tempat sampah yang ada, sebagai alat bantu untuk menyusun gulungan koran, sehingga koran bisa tersusun dengan rapih dan tidak bolong atau memiliki cepah pada bagian pinggirnya.

Tempan tisu dari koran bekas

tempat tisu keren dari koras bekas
tempat tisu keren dari koras bekas | candrapambudi86.blogspot.com

Potong menggunakan pisau cutter yang tajam, sehingga bisa menghasilkan potongan yang pas dan presisi, agar mudah menrangkainya (tidak panjang sebelah).

  1. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Kardus

Kardus adalah sebuah pembungkus untuk berbagai jenis kebutuhan agar tidak terjadi kerusakan pada saat pengiriman. Akan tetapi jika isi dari kardus dikeluarkan maka kardus dibuang, dibiarkan begitu saja, atau hanya dilipat. Kamu yang mempunyai tingkat kreatif tinggi pasti akan mengubah kardus tersebut menjadi sebuah barang yang bermanfaat. Berikut merupakan contoh kerajinan dari kardus bekas agar menjadi barang yang berguna, diantaranya:

Lampu belajar dari kardus bekas

lampu belajar dari kardus bekas
lampu belajar dari kardus bekas | pinterest.com

Jika di lihat dari bentuknya, sepertinya lampu yang digunakan bukan lampu besar, melainkan lampu senter yang kecil. Kalian juga bisa membeli led atau membeli barang elektronik yang serba 5 ribu kemudian ambil lampunya.

Topeng dari kardus bekas

topeng dari kardus bekas
topeng dari kardus bekas | pinterest.com

Siapa yang suka main perang-perangan? nah model topeng ini sepertinya cocok untuk dibuat dari bahan kardus.

Tempat tidur boneka dari kardus bekas

tempat tidur boneka dari kardus bekas
tempat tidur boneka dari kardus bekas | pinterest.com

Jika kalian kekurangan tempat untuk menidurkan boneka, bisa juga model tempat tidur ini bisa kalian buat menggunakan kerdus.

Rumah Kucing dari Kardus Bekas

rumah kucing dari kardus bekas
rumah kucing dari kardus bekas | pinterest.com

Jika kucing klian tidur di mana saja, mungkin tidak ada salahnya jika mencoba membuat rumah medel ini, tidak harus sama persis, tetapi kalian bisa membuat model sederhana, yaitu dengan melubagi kardus dan menambahkan banyak ornamen lucu untuk menghiasnya juga sudah bisa.

Baca juga: Membuat boneka hewan dari kain flanel

  1. Kerajinan Dari Barang Bekas (Kain Perca)

Kerajinan tangan dari kain perca saat ini sudah banyak kita temui, hal ini dikarenakan kerajinan ini sangat menarik minat banyak orang, bahkan bisa dijual online. Kain perca tentunya berbeda dengan kain flanel, sebab kain flanel ini merupakan kain baru dan kain perca adalah kain sisa potongan yang sudah tidak digunakan, biasanya sih untuk topo.

Kamu dapat menemukan banyak kain perca dari tukang jahit dimana saja. Dan kebanyakan dari penjahit membuang kain perca tersebut, kamu bisa membuat kain perca menjadi kerajinan tangan yang bagus, salah satu contoh kerajinan yang bisa dibuat dari kain perca adalah:

Keset unik dibuat menggunakan kain perca

keset lucu dari kain perca
keset lucu dari kain perca

Membuat keset memang tidak mudah, selain dibutuhkan mesin jahit, juga keterampilan melipat kain dan menjahit yang sudah terlatih.

Menghias tas menggunakan kain perca

hiasan tas dari kain perca
hiasan tas dari kain perca

Kamu bisa bantuan orang tua untuk membuat hiasan dari kain perca, walau tidak diperlukan mesin jahit, tetapi penggunaan benag dan jarum juga memerlukan keterampilan, jadi harus hati-hati.

Bros unik dan lucu dari bahan kain perca

bros unik dan lucu dari kain perca
bros unik dan lucu dari kain perca

Jika ada peniti atau pengait bros yang sudah copot, mungkin kalian bisa membuat seperti gambar, tetapi juga bisa memodifikasi sebagaimana ide dan kreativitas kalian.

Sarung tempat penyimpanan hp

sarung tempat penyimpanan hp
sarung tempat penyimpanan hp

Walau sudah banyak yang menjualnya di online shop, tetapi kamu juga bisa membuatnya dengan bimbingan orang tua, siapa tahu kan kamu bisa menjadi wirausaha dengan produk yang berbahan dasar kain perca

Itulah beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri atau dibantu orang tua di rumah. Dan tentunya tidak membutuhkan biaya besar untuk mengubah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai guna tinggi.

Ayo Vote! Biar makin trending.

55 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.