in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Contoh kalimat Ambigu, jenis Ambigu, dan Penjelasannya

Contoh kalimat Ambigu, jenis Ambigu, dan Penjelasannya
Contoh kalimat Ambigu, jenis Ambigu, dan Penjelasannya

Contoh Kalimat Ambigu. Teman, ada banyak sekali contoh kalimat dalam Bahasa Indonesia, salah satunya adalah kalimat ambigu. Apa pengertian kalimat ambigu?

Kalimat ambigu adalah kalimat memiliki makana lebih dari satu. Tentunya ini akan meyulistkan bagi orang asing yang belajar Bahasa Indonesia, tetapi untuk kita sebagai orang Indonesia ini tidak begitu berpengaruh. Keambiguan ini umumnya terjadi pada kata, frasa, atau kalimat.

Ada 3 jenis kalimat ambigu, yaitu Ambiguitas Fonetik, Ambiguitas Gramatikal, dan Ambiguitas Leksikal, untuk lebih memahaminya, akau akan menjelaskannya secara singkat begitu juga dengan contohnya.

Baca juga:
Contoh kalimat majas hiperbola
Contoh kalimat ajakan

Contoh Kalimat Ambigu

Untuk meghindari makna ganda dalam kalimat, maka penggunaan tanda baca yang tepat sangat diperlukan, sehingga pendengar dapat atau pembaca dapat mengetahui maksudnya.

Kalimat ambigu dapat kalian temukan dalam karya ilmiah, bahasa jawa, bahasa inggris, dll contoh kalimat ambigu 3 makna juga banyak, bahkan ada yang memiliki makna lucu dan aneh.

Ambiguitas Fonetik

Ambiguitas Fonetik adalah makna ganda yang terjadi akibat persamaan bunyi dalam pengucapakannya. Berikut ini adalah contohnya “memberi tahu”

Tadi Kanaya datang memberi tahu.

Frasa “memberi tahu” memiliki dua arti, yaitu makanan dan informasi, maka dari itu jika tidak jelas kalimatnya tentunya akan membuat bingung.

Baca juga: Contoh kalimat denotasi dan konotasi

Ambiguitas Gramatikal

Ambiguitas Gramatikal adalah suatu makna ganda yang timbul akibat tata bahasa, tetapi akan hilang dalam konteks kalimat. Contohnya “Orang Tua”

  • Orang tua Kanaya sedang dirawat di Rumah Sakit. (maknanya: Ayah/ Ibunya)
  • Beberapa waktu lalu kita bertemu dengan orang tua yang kecopetan.  (maknanya: orang yang sudah berumur atau sudah tua)

Ambiguitas Leksikal

Ambiguitas Leksikal adalah suatu ambigu yang disebabkan oleh faktor katanya itu sendiri. Contohnya “Lari”

  • Anton berlari dengan sangat kencang ketika lomba maraton.
  • Anton lari dari kenyataan hidup yang pahit.

Kata “lari” pada kedua kalimat di atas memiliki beda makna. Pada kalimat pertama, “lari” berarti aktivitas lari, sedangkan kalimat kedua “lari” berarti menjauh.

Baca juga: Contoh kalimat majas metafora

Nah itulah Contoh kalimat Ambigu, kamu sebagai pembaca penulis cilik bisa koreksi aku jika salah. Terima kasih sudah membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu