in ,

SenangSenang TakutTakut KerenKeren SedihSedih NgakakNgakak KagetKaget

√ 5 Contoh Kalimat Langsung Diubah jadi Kalimat Tidak Langsung

Contoh Kalimat Langsung Diubah jadi Kalimat Tidak Langsung
Contoh Kalimat Langsung Diubah jadi Kalimat Tidak Langsung

5 Contoh kalimat langsung diubah jadi kalimat tidak langsung. Cara mengubah kalimat langsung adalah dengan mengubah sudut pandang atau kata ganti pada kalimat atau percakapan yang kamu buat.

Berikut ini adalah beberapa contoh merubah kalimat langsung dengan merubah kata ganti orang:

  • Orang pertama diubah menjadi orang ketiga, misalnya: aku jadi dia
  • Orang pertama jamak diubah menjadi orang ketiga jamak, misalnya kami jadi mereka
  • Orang kedua tunggal diubah menjadi orang pertama tunggal, misalnya kamu jadi saya
  • Oang kedua jamak diubah menjadi orang pertama jamak, misalnya kalian jadi kami

Baca juga : Contoh kalimat Konjungsi Kausalitas

5 Contoh kalimat langsung diubah jadi kalimat tidak langsung

Berikut 5 contoh dari kalimat langsung yang diubah menjadi tak langsung

  1. Kalimat langsung : “Bagaimana cara kamu mendapatkan buku spesial edition itu?” tanya Duni penuh keheranan. Kalimat Tidak Langsung : Dengan penuh rasa heran, Dia bertanya bagaimana caraku mendapatkan buku spesial edition ini.
  2. Kalimat langsung : “Rasanya aku tidak yakin kita dapat menang lomba ini” ujar Duna sambil terus berlari. Kalimat Tidak Langsung : Sambil terus berlari, Duni berkata bahwa ia pesimis kami dapat memenangkan lomba ini.
  3. Kalimat langsung : “Akhirnya kamu bisa lulus dengan nilai yang memuaskan, selamat ya Malika” ucap Riri Kalimat Tidak Langsung : Riri memberikan ucapan selamat, karena Malika dapat lulus dengan nilai yang bagus.
  4. Kalimat langsung : “Jangan berisik, kelas sebelah sedang ujian,” tegur Dimas kepada Malika yang terus tertawa. Kalimat Tidak Langsung : Dimas menegur Malika karena berisik di kelas, takut menggagu kelas sebelah yang masih ujian.
  5. Kalimat langsung : “Saya berharap Ibu dapat bersikap adil kepada semua murid,” ujar Dimas yang melihat Riri datang telat tetapi tidak ditegur. Kalimat Tidak Langsung : Dimas meminta Ibu guru agar bersiak adil, karena Riri sering datang telat tetapi tidak ditegur.

Baca juga : Contoh Persamaan Kata

Contoh Kata Sinonim atau Persamaan Kata Terlengkap
Contoh Kata Sinonim atau Persamaan Kata Terlengkap

Aku tambahkan lagi ya, agar jadi 10 Contoh kalimat langsung.

  1. Kalimat langsung : “Siapa yang tahu dimana Dimas?” tanya pak Anwar begitu tahu bahwa dia baru saja terjatuh dari tangga. Kalimat Tidak Langsung : Pak Anwar bertanya dimana Dimas, karena tahu bahwa dia baru saja jatuh daru tangga dan harus segera diobati.
  2. Kalimat langsung : Annisa melihat Kinar, adiknya terus bermain game, “Kinar, cukup, kamu sudah terlalu lama bermain game.” Kalimat Tidak Langsung : Annisa meminta Kinar untuk berhenti bermain game, karena sudah cukup lama.
  3. Kalimat langsung : “Siapa yang melempar ayam ini, Mah?” tanya Dimas dengan cemas. Kalimat Tidak Langsung : Dimas menanyakan siapa yang melempar ayam kesayangannya kepada Ibunya.
  4. Kalimat langsung : “Mba, berapa harga mainan ini?” tanya Dimas kepada penjaga tokok. Kalimat Tidak Langsung : Dimas menyakan harga mainan kepada penjaga tokok.
  5. Kalimat langsung : “Jangan belajar ketika besok mau ujian, karena itu hanya sia-sia,” jelas Duni kepada Riri. Kalimat Tidak Langsung : Duni mengingatkan kepada Riri agar dia tidak belajar ketika besok mau ujian, karena itu hanya sia-sia.

Baca juga : Kata Antomin dan contoh kalimat

Terima kasih sudah membaca artikel buatanku yang berjudul Contoh Kalimat Langsung Diubah jadi kalimat tidak langsung, semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu