in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan (Terbaru)

Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan (Terbaru)
Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan (Terbaru)

Contoh pidato tentang Hari Pahlawan. Siapa yang mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat pidato? hehe aku juga sama.

Baca juga contoh puisi tentang Hari Pahlawan

Tanpa adanya perjuangan para pahlawan yang membela kemerdekaan Indonesia mungkin sampai saat ini kita masih di jajah ya.

Aku membuat pidato pahlawan singkat dan jelas, karena jika terlalu panjang susah hehe. Untuk melatih pengetahuan kamu, baca juga contoh soal essay tentang kemerdekaan.

Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan

Sebenarnya ini adalah tugas sekolah adikku, dia diminta membuat pidato hari pahlawan untuk anak SD (Sekolah Dasar). Ini juga bisa dijadikan sebagai tugas pidato hari pahlawan untuk SMP. Silahkan simak kerangka pidatonya.

Assalamu’alaikum Wr.Wb Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji dan puja kita semua kepada Allah SWT, karena atas berkah dan rahmatnya kita semua dapat berkumpul di sini, di tempat kita menimba ilmu untuk menyongsong masa depan kelak.

Teman-teman semua.

73 tahun yang lalu, pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya. Belanda mengibarkan bendera mereka dengan tujuan untuk merebut kembali kekuasaannya.

Kala itu, Bapak Proklamator telah membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Masyarakat dan Bung Tomo berusaha untuk menurunkan dan merobek bendera itu.

10 November, menjadi sejarah baru untuk Indonesia, dimana Belanda dengan senjata canggih kala itu, menyerang dengan tanpa ampun.

Rakyat Indonesia yang bermodalkan keyakinan dan semangat untuk kemerdekaan, hanya menggunakan bambu runcing untuk melawan Belanda dan menang.

Semenjak saat itu, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Baca juga: Contoh puisi hari pahlawan

Ibu/Bapak guru dan teman-teman semuanya.

Semangat para pahlawan patut kita teladani di masa sekarang ini, bukan untuk berperang, melainkan semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.

Menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia harus terus kita pupuk sedalam-dalamnya, seperti semangat membera milik para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Sebagai generasi muda yang hidup di zaman penuh kecanggihan teknologi ini, kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja, mempermudah semua urusan hanya hitungan detik.

Semua informasi yang baik dan buruk tersebar di dunia maya, kita sebagai generasi “Z” yang canggih, harus kritis dalam memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Bapak/ Ibu guru dan teman-teman terbaikku

Marilah kita peringati Hari Pahlawan ini sebagai introspeksi diri, apa yang salah sampai saat ini, dan apa yang kurang sampai sekarang.

Hari pahlawan diperingati untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan keutuhan negara kita, menjadikan teladan untuk terus semangat belajar dan menimba ilmu.

Kiranya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan.  Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Baca juga: Contoh pidato hari Sumpah Pemuda

Itulah contoh naskan atau teks Pidato Tentang Hari Pahlawan yang panjang buatanku, pidato ini juga aku gunakan untuk contoh teks ceramah bahasa Indonesia kelas 11, semoga berkenan dan jika ada yang kurang mohon untuk diperbaiki.

Download “Pidato Hari Pahlawan 2017” pidato-mk-upacara-hari-pahlawan-2017.pdf – Downloaded 1039 times – 149 KB

Oia aku punya contoh Pidato Hari Pahlawan 2017 yang pernah disampaian Menteri Keuangan pada acara pembukaan Hari Pahlawan, silahkan download.

Yuk tulis komentar kamu