in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Dampak Positif dan Negatif Bagi Para Pecandu Game

Dampak Positif dan Negatif Bagi Para Pecandu Game
Dampak Positif dan Negatif Bagi Para Pecandu Game

Dampak Positif dan Negatif Bagi Para Pecandu Game.

Game? Siapa yang tidak mengenal game? Hampir seluruh umat manusia mengenal kata ‘GAME’. Apakah ada yang tidak menyukai game? Pasti ada. Tapi, sebagian besar seluruh kalangan manusia menyukai game. Mau perempuan, laki-laki, dewasa, bahkan anak-anak. Ketika kita bermain game, beragam manfaat baik kita dapatkan. Tetapi tidak untuk para pecandu game. Terutama anak-anak dan remaja. Terkadang mereka memainkan game yang seharusnya tidak dimainkan oleh mereka. Contohnya seperti game yang mengandung unsur kekerasan, pornografi dan lain-lain. Andai saja pemerintah lebih memperhatikan, pasti tidak terjadi seperti ini.

Teman-teman sekalian, pastinya kalian ingin mengetahui dampak positif dan negatif jika kita bermain game bukan? Aku sudah meringkas beberapa contohnya, seperti berikut ini:

Dampak positif jika kita bermain game:

1. Menghilangkan stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Game, menjadi salah satu cara untuk menghilangkannya. Tapi ingat! Game yang dimainkan haruslah membuat kita tenang dan bisa menghilangkan stres.

2. Lebih Berkonsentrasi

Ketika main game, kita dibuat seolah berada didalamnya. Dan juga pasti menemukan hal dan tantangan baru. Terutama game yang edukatif. Dengan game tersebut, kita dapat secara tidak langsung mengondisikan keadaan disekitar dan terkadang membuat kita harus berkonsentrasi. Artinya, kita dapat berkonsentrasi pada suatu hal yang kita anggap menarik. Tapi harus diingat! Jangan terlalu lama berkonsentrasi. Karena, itu bisa menyebabkan kita mengalami stres.

3. Mengalihkan Perhatian

Sakit adalah hal yang tidak mengenakkan pikiran, tubuh dan semua panca indra kita. Kita menjadi lemas dan malas. Nah, game bisa menjadi pengalihan kita untuk tidak mengingat rasa sakit. Dengan lihai kita menggerakkan tangan saat memainkan game. Bagi orang yang mengalami cedera ditangan, itu bisa menjadi obatnya.

Baca juga: 7 Manfaat permainan tradisional

Dampak Negatif jika kita kecanduan game:

1. Sulit berinteraksi

Dengan terlalu seringnya kita main game, itu bisa menutup pintu berinteraksi dengan orang lain. Kita hanya bisa berinteraksi dengan dunia game. Dulunya, otak kita terkenal tajam. Tapi, karena kita terlalu sibuk dengan layar monitor, otak kita menjadi tumpul dan sulit untuk berpikir jernih. Teman kita pun menganggap kita sombong. Pasti tidak enak bukan?

2. Menurunnya ketajaman penglihatan

Mata minus tidak asing untuk pecandu game yang menjadi korban menurunnya ketajaman penglihatan. Duuuh… pasti nggak enak, ya… mata minus hanya karena kecanduan game. Jadi, usahakan jangan berlebihan main gamenya, ya.

3. Lupa akan segala hal

Lupa waktu, lupa makan, lupa tidur daaaan masih banyak lagi yang kita lupakan ketika kita terlalu berlebihan. Menurut aku, sih, kita boleh main game. Tapi, kita harus ingat waktu. Waktunya makan, ya, makan. Bukan dipakai untuk main game. Pasti ada, kok, waktu untuk main game. Sabar aja.

Bagaimana? Mudah-mudahan bermanfaat, ya… mulai sekarang, yuk! kita ubah pola hidup kita kembali. Membatasi waktu bermain game, dan memperbanyak waktu untuk belajar dan bersosialisasi dengan yang lain. Semoga kalian terinspirasi untuk tidak berlebihan ketika bermain game. Sekian…

Source Image: pixabay.com | Dampak Positif dan Negatif Bagi Para Pecandu Game

Yuk tulis komentar kamu