in

TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Dampak positif Virus Corona

Dampak positif Virus Corona
Dampak positif Virus Corona

Apa ya kira-kira dampak positif Virus Corona? Sobat penulis cilik, kita semua tahu bahwa pandemi virus ini sudah merajalela ke seluruh dunia, tidak terkecuali negara tercinta kita, yaitu Indonesia.

Dalam upaya pencegahannya, banyak pekerja yang diminta untuk bekerja dari rumah atau dalam bahasa Inggrisnya Work From Home (WFH). Begitu juga para mahasiswa dan pelajar seperti aku yang diminta untuk belajar daring atau online.

Banyak toko dan cafe yang tutup sementara dan lebih parahnya lagi, kita dilarang untuk keluar rumah jika tidak ada sesuatu yang penting atau mendesak sekali.

Dampak positif Virus Corona

Sobat, dari semua hal buruk yang aku sebutkan di atas, ternyata ada loh hal baik yang dirasakan akibat adanya pandemi virus corona ini. Apa saja ya?

Kualitas udara jadi lebih baik

Tidak hanya di Indonesia, semua negara di dunia memberlakukan WFH, jadi banyak orang yang berdiam di rumah, otomatis kendaraan yang digunakan juga berkurang, akibatnya polusi udara pun berkurang.

Udara di dunia khususnya ibu kota negara yang padat penduduk, akan merasakan perubahannya cukup drastis.

Lapisan ozon membaik

Fungsi lapisan ozon adalah melindungi bumi dari radiasi ultraviolet sinar Matahari. Jika sinar mata hari langsung menyinari bagian bumi, maka akibatnya bisa langsung terbakar.

Sobat, lapisan ozon itu bisa rusak atau berlubang akibat penggunaan CFC (Chlorofluorocarbon) yang sering digunakan pada pendingin ruangan (AC), kulkas, bahan pendorong pada botol spray, dll.

Seorang peneliti bernama Antara Banerjee dari Universitas Colorado Boulder, menjelaskan bahwa lubang ozon di Antartika mulai membaik, sebagaimana dikutip dari newscientist.com.

Tingkat solidaritas menaik

Solidaritas atau kepedulian antar warga negara menaik tajam, dimana banyak relawan, seperti: dokter, perawat, selebgram, artis, dll yang berusaha untuk membantu dalam penanganan pandemi ini.

Ada yang menggalang dana, ada memberi makanan, membagikan masker, serta hal lain yang sifatnya meringankan.

Berkumpul bersama keluarga

Kebersamaan antar anggota keluarga menjadi lebih lama dari biasanya, yang biasa hanya bertemu setiap hari Sabtu atau Minggu, kali ini hampir setiap hari bertemu.

Banyak hal yang bisa dikerjakan, misalnya: masak bersama, olahraga bersama, membersihkan rumah bersama, dan hal seru lain yang bisa dikerjakan.

Waktu belajar lebih banyak

Ujian sebentar lagi, walau tidak belajar di sekolah, tetapi kita harus mampu mengatur waktu belajar dengan baik agar dapat menjawab semua soal ujian.

Walau tugas sekolah online banyak, sebetulnya waktu kita untuk belajar lebih banyak dan fleksibel (bisa kapan saja), jadi harus dimanfaatkan dengan baik.

Baca:
Contoh poster tentang virus corona
Apa perbedaan desinfektan dan antiseptik?
9 cara memberi salam saat tatap muka
Perbedaan pandemi dan endemi

Nah sobat, kiranya itu yang bisa aku jelaskan tentang dampak positif Virus Corona. Koreksi aku jika salah dan terima kasih sudah membagikannya.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu