Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya
Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya
in

Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya

Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya, ini adalah dongeng bahasa sunda yang aku buat dalam bahasa lemes dan artinya. Maaf jika belum betul karena masih belajar bahasa sunda.

Dina hiji mangsa aya karajaan anu kacida pisa makmurna, sadaya kaperluan rakyat kacumponan ku karajaan. Pokonanamah sagalana garatis sareng upami kedah aya anu dipeser oge hargana mirah pisan. Raja terus ngusahakeun supaya sagalana gratis.

Artinya: Pada suatu hari ada sebuah kerajaan yang sangat makmur, semua keperluan rakyat terpenuhi oleh kerajaan. Pokoknya segala keperluan pokok gratis, jika ada yang harus dibeli pun harganya sangat murah. Raja terus mengusahakan agar apapaun keperluannya gratis.

Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya


Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya | belajar Bahasa Sunda

Pamuda anu aya di karajaan eta sadayana hade laku lampahna, sok sering gotong royong ngabatos wargi anu teu mampu. Sanes teu mampu teu gaduh artos, tapi ku hormat sareng santun kanu langkung anom, misanla wae aya aki-aki atanapi nini-nini anu nyandak gembolan di bantuan.

Artinya: Generasi muda di sana semuanya baik perilakunya, sering bahu membahu menolong sesama warga yang kurang mampu. Bukan gak mampu karena tidak ada uang, tetapi karena rasa hormat kepada orang tua, misalnya ada kakek atau nenek yang membawa barang di bantu sampai rumah.

Baca juga: Cerita kejujuran sehari-hari

Raja teu gaduh putri, anjeuna kagungan nana mung dua pangeran anu kacida pisan kasepna. Janten contoh ku pamuda pamudi nu aya di karajaan. Poko nanamah panutan muda mudi jaman now!

Artinya: Raja tidak memiliki putri, tetapi memiliki 2 pangeran yang sangat tampan. Semuanya dijadikan contoh oleh pemuda dan pemudi yang ada di sana. Pokoknya di follow oleh anak-anak jaman now!

Dua putra raja eta, gaduh kabiasaan anu teu pati jauh, nyaeta sok ngobrol ngabahas karajaan sangkan subur, makmur, sareng naek tarap hidupna.

Artinya: Kedua putra Raja mempunyai kebiasaan yang tidak begitu jauh, yaitu suka membahas kerajaan agar menjadi kerajaan yang subur, makmur, dan tambah naik tarap hidupnya.

Putra raja anu ka hiji resep pisan mencetan raja, dugi ka mastaka sampe dampal sampean raja sok dipencetan. Kusabab kapinteran nana, katekun, kauletan, sok di sebat tabib karajaan, kusabab anjeuna terangeun sagala rupi panyakit.

Artinya: Putra Raja yang pertama sangat suka mijitin raja, dari kepala sampai kakinya, bahkan Raja sering sampai ketiduran sampai lelap sekali. Dia juga tekun dan ulet dalam hal ilmu kesehatan, makanya dia bisa disebut tabib kerajaan paling muda, karena mengetahui berbagai jenis panyakit dan cara mengobatinya.

Baca juga: Surat terakhir dari sahabat pena

Putra raja anu hiji deui resep pisan ngabodor atanapi ngadongeng. Raja upami didongengan sok dugi ka pules pisan kulemnya. Tah kieu conto ngadongen putra rajateh….

Artinya: Putra yang satu lagi suka sekali stand up, bercerita, atau berdongeng. Jika Raja didongengin selalu tertidur lelap ditambah pijitan dari puntra lainnya. Nah, contoh dongeng yang sering dia ceritakan adalah…..

Mau tahu apa dongengnya? Baca lagi cerita ini dari atas hehehe 😀

Semoga dongeng ini bisa mambatu kalian uang ingin belajar bahasa sunda ya, tunggu ceritaku selanjutnya 😉

– Tamat – Dongeng Bahasa Sunda Pendek – belajar bahasa sunda

Ayo Vote! Biar makin trending.

38 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi

Cerita pengalaman study tour ke Bali - Anak Sekolah

Cerita pengalaman study tour ke Bali – Anak Sekolah (Open list) (0 submissions)

Caption singkat untuk Instagram, Facebook, Twitter, dan status sosial media

Caption singkat untuk Instagram, Facebook, Twitter, dan status sosial media