in ,

Contoh Dongeng yang Berkaitan Dengan Bencana Alam

Dongeng yang berkaitan dengan bencana alam
Dongeng yang berkaitan dengan bencana alam

Dongeng yang berkaitan dengan bencana alam. Di setiap daerah, tentu ada cerita rakyat ataupun dongeng yang berkaitan dengan bencana alam.

Bencana alam adalah kerusakan yang diakibatkan oleh alam, seperti gunung meletus, gempa bumi, maupun banjir.

Baca juga contoh Warta bahasa sunda yang menceritakan gempa di kota Palu dalam bahasa Sunda, dan beberapa bencana lainnya seperti banjir di Jakarta dan berita kecelakaan.

Dongeng yang Berkaitan Dengan Bencana Alam

Beberapa daftar dongeng yang berhubungan dengan bencana alam yang aku ceritakan ulang secara singkat, diantaranya.

Situ Bagendit dari Jawa Barat

Dongeng ini menceritakan seorang perempuan yang serakah dengan harta, dimana dia tidak suka beramal dan menyimpan semua kekayaannya untuk dirinya sendiri.

Ketika banyak warga yang membutuhkan bantua, dia malah acuh dan tidak sama sekali tergetar hatinya untuk membantu.

Sampai akhirnya datanglah bencana banjir yang menenggelamkan dirinya dan harta miliknya sampai menjadi sebuah danau.

Legenda Danau Toba dari Sumatra Utara

Menceritakan seorang petani yang menemukan seekor ikan yang menjelma menjadi seorang wanita cantik, kemudian wanita itu dinikahi.

Tetapi dengan syarat, dia tidak boleh mengungkit-ungkit masa lalunya di kemudian hari. Sampai akhirnya, dia memiliki seorang anak yang bernama Samosir yang nakal.

Akibat kenakalan anaknya itu, dia murka dan marah, sampai terucap satu kalimat yang sangat menyakitkan istrinya, “Dasar anak ikan.”

Akibat telah melanggar janji, datanglah banjir besar yang menenggelamkan satu kampung itu, sampai sekarang menjadi Danau Toba.

Baca selengkapnya: Legenda Danau Toba

Rawa Pening dari Jawa Tengah

Cerita Rakyat Rawa Pening ini bercerita tentang seorang kesatria yang dikutuk seorang penyihir karena iri atas kesaktiannya. Kesatria itu badannya dipenuhi luka dan bau yang menyengat.

Sampai akhirnya dia bermimpi bahwa ada seorang perempuan yang akan menyembuhkannya, maka dia terus berkelana mencari perempuan itu.

Sampai akhirnya dia tiba di suatu daerah yang dipenuhi orang kaya raya, tidak ada orang miskin di sana. Kesatria itu diusir dan dihina. Diapun murka dan menancapkan lidi di tanah.

Ketika lidi itu dicabut olehnya, keluar air yang semakin banyak dan menenggelamkan kampung itu sampai menjadi danau, atau sekarang ini disebutnya Rawa Pening.

Itulah beberapa kumpulan Dongeng yang Berkaitan Dengan Bencana Alam, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, mohon koreksi jika salah.

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent AuthorList MakerQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi