in

Fungsi kerongkongan atau Esofagus pada pernapasan

Apa fungsi kerongkongan atau esofagus pada pernapasan. Ini pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kelas 5, jenjang Sekolah Dasar (SD).

Sobat penulis cilik, Kerongkongan/ esofagus adalah saluran yang menghubungkan antara mulut dengan lambung kita, dimana letaknya berada di antara lambung dan tenggorokan.

Pada artikel yang sudah aku tulis sebelumnya, sudah aku jelaskan bahwa kerongkongan (esofagus) merupakan salah satau dari organ utama saluran pencernaan. Baca: Fungsi mulut.

Fungsi Kerongkongan

Ada 6 organ saluran pencernaan, yaitu: mulut, kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Lihat gambar.

Makanan yang sudah kita kunyah didorong oleh otot kerongkongan sehingga masuk menuju lambung, proses ini disebut sebagai gerak peristaltik. Ini juga termasuk salah satu dari fungsi esofagus.

Gambar alat pencernaan manusia lengkap
Gambar alat pencernaan manusia lengkap

Download “Alat Pencernaan Manusia” gambar-alat-pencernaan-manusia-lengkap.jpg – Downloaded 14 times – 39 KB

cincin otot (sfingter) pada ujung kerongkongan, menjaga kita agar makanan yang sudah masuk tidak bisa keluar lagi, atau naik dari lambung ke kembali ke kerongkongan.

Jadi kesimpulannya, fungsi esofagus atau kerongkongan adalah:

  1. Sarana untuk menyalurkan makanan dari mulut menuju ke lambung
  2. Menghasilkan Gerak Peristaltik yang mendorong makanan
  3. Mencegah naiknya cairan atau makanan dari lambung naik ke atas

Baca:
Sebutkan alat pencernaan manusia dan fungsinya
Proses pembentukan urine
Perbedaan Tumor dan Kanker
Contoh laporan percobaan

Jadi, itulah penjelasan singkat tengtang Fungsi kerongkongan yang bisa aku tulis. Koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat untuk diceritakan pada pojok baca sekolah.

Yuk tulis komentar kamu