in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam

Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam
Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam

3 Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam. Alam Indonesia begitu Indah, jika kita mempunyai uang banyak, mungkin dapat berkeliling melihat keindahan dari Sabang sampai Merauke.

Aku juga pernah menulis tentang contoh hak dan kewajiban juga contoh bukan hak dan kewajiban di Rumah dan di Sekolah dan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

SDA Indonesia begitu besar dan beragam, jika saja kita semua dapat memanfaatkan dan melestarikan dengan baik, mungkin bisa menjadikan Indonesia negara yang hebat seperti Amerika.

3 Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) adalah semua yang bersumber dari alam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup umat manusia.

Jika SDA tidak kita rawat, dilestarikan, dan dimanfaatkan dengan baik, makan lama kelamaan akan habis dan tidak ada lagi. Maka dari itu harus tahu hak kita dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Sebutkan hak manusia terhadap pelestarian sumber daya alam?

3 Contoh Hak Penggunaan Sumber Daya Alam

Contoh mewarnai pemandangan
Contoh mewarnai pemandangan

Hak adalah milik kita yang harus kita jaga, sehingga dapat kita gunakan kapan saja, tentu saja, karena kita hidup di negara hukum, maka penggunaan SDA harus sesuai dengan UU yang berlaku di Indonesia. Berikut ini contoh hak terhadap sumber daya alam.

  1. Bebas menggunakan sumber daya alam yang kita miliki
  2. Bebas merasakan hasil dari sumber daya alam yang ada
  3. Memperoleh keadilan dalam pemanfaatan sumber daya alam

3 Contoh Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam

Gambar Mewarnai Pemandangan Alam
Gambar Mewarnai Pemandangan Alam

Jika kita sudah menuntut hak, tentunya kita memiliki kewajiban yang harus dipenuhi, ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Mendaur ulang (recycle) atau melestarikan SDA yang sudah kita gunakan, seperti menanam kembali pohon yang sudah ditebang, menanam kembali tanaman yang sudah kita panen, dll.
  2. Salah satu kewajiban kita dalam menghemat sumber daya alam untuk menjaga ketersediaan, tidak boros dalam menggunakan SDA, karena memerlukan waktu cukup lama dalam melakukan recycle
  3. Sumber Daya Alam itu adalah ciptaan Tuhan, walau sebenarnya bisa dikatakan gratis, namun kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga serta merawat agar tetap ada dan bertambah banyak, bukan malah merusaknya.

Aku sudah tuliskan tiga contoh lain hak dan kewajiban warga negara dalam pelestarian SDA, kalian dapat menambahkan di kolom komentar tambahannya ya!

Apa Penyebab Kurangnya Hutan di Pulau Sumatra?

Pohon bakau tempat ikan tembakul memanjat

Pulau Sumatra adalah salah satu pemilik SDA yang banyak, mulai dari batubara, kopi, kelapa sawit, dll. Hutan Hujan Tropis juga ada di Sumatra, dimana di dalamnya ada pelestarian hewan, seperti Gajah, Harimau, dll Jika hutan berkurang, otomatis beberapa spesies hewan dan tumbuhan tropis bisa punah, apa penyebab hutan berkurang?

  1. Terjadinya Kebakaran Hutan, baik gejala alam yang diakibatkan panas matahari, atau di sengaja, seperti pembakaran hutan.
  2. Terjadinya pencurian kayu ilegal, mereka menebang Hutan sembarangan tanpa menanam kembali jenis pohon yang sama atau baru.
  3. Terjadinya pembukaan lahan ilegal, misalnya membuat lapangan, merusak pohon, dll.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang pemanfaatan hutan, dapat dilihat website resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, di sini. Terima kasih sudah membaca Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam, semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu