in

KerenKeren

Ingin Lebih Rajin Belajar? Mulai dengan Tips Ini!

Tips Rajin Belajar
Tips Rajin Belajar

Halo teman-teman! Rajin belajar tentunya harus dimulai dari sekarang, dong! Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang sedang mencari cara untuk mulai menjadi lebih rajin belajar.

Mulai tanpa rencana mungkin akan kurang baik. Bagi kalian yang ingin lebih rajin belajar, bacalah ini sampai selesai.

O iya, bagi yang sedang PTS atau banyak ulangan, semangat ya! Aku yakin, hasilnya akan baik. Kalian hanya harus belajar dan tidak lupa berdoa.

Tips Rajin Belajar

Baiklah, langsung saja kita bahas tips rajin belajar.

  1. BANGUN LEBIH PAGI

Jika kamu bangun pagi, badan akan terasa lebih segar. Kamu jadi sempat melakukan banyak hal penting di pagi hari. Misalnya belajar dan mengulik pelajaran hari ini. Nah, ini dia! Mengulik pelajaran hari ini. Itu sangat penting, lho. Aktif di kelas itu penting. Namun, bagaimana cara aktif di kelas kalau kamu saja belum terlalu paham materinya? Caranya, harus mencari sendiri. Cara mencari sendiri, adalah bangun pagi. Ini bisa berpengaruh untuk nilaimu. Selain itu, kamu jadi bisa masuk sekolah lebih awal.

  1. TUNTASKAN TUGAS-TUGAS YANG BELUM SELESAI

Rajin belajar, tetapi belum mengerjakan tugas, percuma juga. Sebelum mulai belajar, tuntaskan tugas-tugasmu terlebih dahulu. Mengapa sih harus menuntaskan tugas? Agar nilaimu di rapor tidak ada yang kosong. Aku pernah mengatakan bahwa tugas itu penting, bukan hanya ulangan. Kalau tugas tidak mengerjakan, tetap saja, meskipun nilai ulangannya bagus akan ada nilai yang kosong.

  1. MEMBUAT JAM BELAJAR DALAM SEHARI

Untuk permulaan, kamu tidak usah terlalu lama. Setidaknya baca materi 10-20 menit setelah pulang sekolah. Lama-kelamaan, kamu akan terbiasa. Kamu bisa tambahkan waktunya sedikit-sedikit. Misalnya, kamu sudah berhasil membaca materi setiap hari 20 menit dalam satu minggu. Minggu selanjutnya, kamu boleh tambahkan 10 menit, jadi 30 menit membaca materi. Boleh juga, lho, untuk menambahkan kegiatannya. Contoh lagi, selama 30 menit itu kamu membaca materi + merangkum hal-hal pentingnya.

  1. GUNAKAN WAKTU ISTIRAHAT DENGAN BAIK

Misal nih, kalian sudah belajar selama 1 jam. Kemudian, kalian ambil jeda istirahat 20 menit. Lebih baik selama istirahat itu kalian gunakan dengan hal positif. Boleh stretching sebentar, makan buah, latihan ukulele, main piano, dan lain-lain. Pokoknya, hindari kegiatan seperti tidur-tiduran (bukan tidur), main gawai, dan sebagainya. O ya, tidur itu boleh, kok! Kita mungkin sudah lelah belajar dan sudah mengantuk. Untuk apa dipaksa? Dipaksa pun, materi tidak akan kita pahami. Intinya, kalian isi waktu istirahat dengan kegiatan bermanfaat, ya.

  1. BELAJAR BERSAMA TEMAN-TEMANMU

“Kata ‘belajar’ sepertinya agak membosankan dan aku belum terbiasa belajar sendiri. Pasti bosan dan materi tidak mudah kupahami. Bagaimana kalau diganti menjadi ‘belajar bersama’?” Jawabannya, boleh! Ingat, pilih teman yang rajin belajar. Jangan bercanda-bercanda. Sebaiknya jangan terlalu banyak orang yang ikut supaya kamu tetap fokus. Saling tanya-jawab dan mengajarkan.

Baca:
Semangat Belajar Untuk Mendapat Nilai Sempurna!
Contoh pantun teka teki lucu tentang hewan dan jawabannya
Cara Membuat Jadwal Piket Kelas atau Piket Kerja, yang Lucu, Unik, dan Kreatif

Itu tips dariku untuk kalian yang ingin lebih rajin belajar. Semoga bermanfaat, ya! Terima kasih sudah membaca.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu