in

SenangSenang KagetKaget

Israil adalah nama lain dari Nabi ?

israil adalah nama lain dari nabi
israil adalah nama lain dari nabi

Israil adalah nama lain dari nabi? Nama Israil beberapa kali disebut dalam Al-Quran, khusunya pada Surah Maryam, ayat 56-57.

Ada sebuah kirah yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu, dimana kala itu Nabi Muhammad SAW sedang berada di lingkungan Yahudi, beliau berkata, “Apakah kalian tahu bahwa Israel adalah nama Ya’qub?” Mereka pun menjawab, “Iya.”

Bahkan, seluruh ahli tafsir sepakat terntang hal ini, mereka membenarkan bahwa Israel adalah Ya’qub bin Ishak bin Ibrahim ‘alaihissalam.

Baca juga: Perbedaan Nabi dan Rasul

Israil adalah nama lain dari Nabi

Jadi itulah jawaban dari pertanyaan di atas. Israil/ Israel, memiliki makna hamba Allah, dimana kata “isra” jika diterjemahkan dalam bahasa mereka memiliki arti adalah “hamba”, sedangkan “el” artinya Allah.

Baca juga: Sifat terpuji Nabi Idris AS

Lalu apakah nama Israil bisa dijadikan nama? mungkin itu yang timbul pada benakmu, tetapi HR. Muslim menjelaskan, bahwa:

إِنَّ أَحَبَّ أَسمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبدُاللَّهِ وَ عَبدُ الرَّحْمَنِ

“Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim, no. 2132)

Baca juga: Makna Rukun Islam dan Rukun Iman

Demikian penjelasan singkat tentang Israil adalah nama lain dari Nabi ?, mohon maaf jika ada kesalahan, semoga Allah SWT mengampuniku, jika kesalahan yang tetulis dalam artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu