in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun

Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun
Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun

Soal: jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun? Ini pelajaran kelas 11, materi Biologi, Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sobat penulis cilik, pohon atau tumbuhan tidak bisa memompa air ke seluruh bagiannya, karena tidak seperti manusia yang memiliki jantung.

Terdapar dua cara penyerapan air dan zat hara, yaitu dengan intervaskuler atau pengangkutan dilakukan di luar pembuluh angkut dan di dalam atau disebut intravaskuler.

Bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun

Pada proses intravaskuler, pengangkutan air menggunakan pembuluh kayu (pembuluh xilem), dimana fungsinya mengangkut air dan unsur hara dari tanah menuju ke daun.

Pada proses intervaskuler, terdapat dua cara, yaitu: pengangkutan air melalui celah atau ruang diantara sel (apoplas) dan melalui ruang sel-sel selain sel pembuluh (simplas).

Bagaimana mekanismenya?

Air diserap dari dalam tanah oleh serabut akar, kemudian diteruskan menuju sel epidermis secara proses osmosis. Air melewati bagian luar dari batang akar (korteks). Air masuk ke jaringan xilem akar menuju xilem batang dan menuju ke xilem daun.

Air dan mineral dari tanah dapat naik ke daun dikarenakan adanya daya tekan akar, kapilaritas batang, dan daya isap daun.

Baca:
Contoh teknologi tepat guna
Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder
Cara menghemat air bersih
3 M Plus Nyamuk

Itulah penjelasan singkat dari soal: Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun. Koreksi jika aku salah ya!

Yuk tulis komentar kamu