in

Jelaskan cara membiasakan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja

Jelaskan cara membiasakan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
Jelaskan cara membiasakan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja

Jelaskan cara membiasakan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja. Pergaulan bagi remaja seperti kita itu penting, sebab banyak hal yang dapat kita pelajari dari komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain.

Salah dalam bergaul akan membawa kita pada jurang yang menjerumuskan pada keburukan, tentunya itu akan mengecewakan keluarga atau orang yang telah membesarkan kita, khususnya orang tua.

Nah kali ini, penulis cilik akan memberikan tips untuk kita semua agar bisa menjadi contoh bagi orang lain menuju pada kebaikan. Sebagaimana pada agama Islam, dimana banyak dalil perintah memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

Baca:
Kata-kata sabar menghadapi ujian
Kisah teladan Nabi Muhammad SAW

Cara membiasakan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja

Tidak sedikit akan yang baik, kemudian mereka dipaksa untuk mengikuti kesalahan teman-temannya, semua itu adalah faktor lingkungannya bermain, mengajak pada hal-hal yang buruk.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara atau upaya memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, diantaranya:

  • Kemampuan controlling, ini merupakan sikap yang harus dibangun sehingga membawa kita pada titik yang benar, atau kemampuan untuk memilih sesuatu yang baik atau buruk.
  • Memilih teman, walau tidak diajarkan untuk membeda-bedakan teman, tetapi kita harus mawas diri dalam bergaul, maka dari itulah pilih teman yang bisa menjadikan pribadi kita naik kelas dalam kemampuan atau kedewasaan.
  • Konsisten dalam bergaul, jika sudah tahu mana yang baik dan benar, jangan coba-coba untuk mengenal teman yang buruk.
  • Tidak larut dalam kesenangan, ini juga penting karena banyak orang yang terlena atas kemampuan atau kehebatannya, justru banyak orang yang mengarahkan pada akhlak buruk, seperti mabuk, berjudi, dll.
  • Meningkatkan kemampuan, jika memiliki salah satu level yang di atas orang lain, tentunya akan banyak orang yang mendekat dan minta bantuan, maka dari itu kemampuan juga sangat penting dalam bergaul.
  • Mematuhi norma yang berlaku, kemampuan memang penting, tetapi kesopanan serta sifat lain yang membuat kita diterima di masyrakat juga penting kita patuhi.

Baca:
Perbedaan etika, moral, dan akhlak
Contoh tata tertib ketika jam istirahat

Nah teman, itulah beberapa contoh dari aku dalam hal menunjukkan upaya memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja. Koreksi aku jika salah, terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu