in ,

NgakakNgakak

Jelaskan dari manakah energi matahari dihasilkan?

Jelaskan dari manakah energi matahari dihasilkan?
Jelaskan dari manakah energi matahari dihasilkan?

Jelaskan dari manakah energi matahari dihasilkan? Matahari adalah benda cipntaan Allah SWT yang sangat bermanfaat, baik untuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

Vitamin D yang dibutuhkan manusia, salah satu sumber terbesarnya adalah dari cahaya matahari pagi. Begitu juga untuk proses berkembang biaknya tumbuhan pada proses fotosintesis.

Apakah kalian pernah berfikir darimana datangnya energi matahari? Ok kali ini aku akan menjelaskan secara singkat bagaimana proses terbentuknya energi yang dimiliki matahari.

Baca juga : Bertamasya ke luar angkasa

Dari manakah energi matahari dihasilkan?

Hasil penelitian para ahli (ilmuwan) menyebutkan bahwa sumber energi matahari adalah dari reaksi fusi nuklir, reaksi ini terjadi pada bagian inti atom.

Bagaimana proses fusi nuklir dapat terjadi di matahari?

  1. Reaksi fusi nuklir pada matahari melibatkan penggabungan inti hidrogen yang membentuk inti helium dengan berat yang lebih besar, hasil penggabungan ini sering juga disebut dengan partikel alpha.
  2. Inti atom hidrogen hanya mempunyai 1 proton, proton ini bergerak bebas pada inti matahari, karena panas matahari yang sangat tinggi sifat elektromagnetik berkurang, maka proton melepaskan elektron.
  3. Akibat tekanan dari inti matahari yang sangat kuat, proton yang bergerak bebas ini bertabrakan dengan proton lain, sehingga tergabung menjadi satu, pada proses ini mengeluarkan antipartikel elektron (positron) yang menghasilkan neutron.
  4. Proses ini terjadi terus menerus sampai menghasilkan banyak neutron, kemudian neutron bertabrakan lagi dengan proton yang menghasilkan nukleus helium. Neuleus yang sudah banyak kemudian bertabrakan lagi dengan nukleus lainnya, nah proses ini lah yang menjadi energi matahari.

Baca juga : Kenapa matahari mengerluakan panas?

Video di bawah ini menjelaskan apakah kita dapat membuat energi matahari sendiri? silahkan di tonton ya.

Baca juga:

  1. Bioma hutan hujan tropis
  2. Persebaran flora dan fauna hutan hujan tropis

Terima kasih sudah membaca, dari manakah energi matahari dihasilkan? Semoga bermanfaat dan tolong dikoreksi jika salah ya!

Yuk tulis komentar kamu