in

Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal

Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal
Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal

Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal? Ini pelajaran kelas 9, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ke 4 istilah yang akan kita bahas ini, berhubungan dengan Qada atau ketetapan Allah subhanahu wa ta’ala (SWT) yang tidak bisa dirubah, dan Qadar atau ketetapan Allah SWT yang masih bisa dirubah.

Gambar 6 Rukun Iman untuk anak
Gambar 6 Rukun Iman untuk anak

Takdir merupakan ketentuan Allah SWT, ikhtiar merupakan usaha yang dilakukan untuk merubah takdir, doa merupakan permohonan dan pengharapan, sedangkan tawakkal merupakan pasrah dan ikhlas atas keputusan dari Allah SWT.

Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal

Mungkin ilustrasinya seperti ini:

Kamu ingin menjadi seorang polisi, sedangkan tanpa kita tahu bahwa Allah SWT tidak menakdirkan untuk menjadi polisi, namun kamu terus berihktiar dengan berolahraga, belajar, dan tidak lupa juga berdoa.

Sampai akhirnya kamu mendaftar dan mengikuti tes, kemudian hasil memutuskan bahwa kamu lulus jadi seorang polisi. Tanpa disadari ada surat datang yang menjelaskan bahwa kamu mendapatkan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri.

Terjadi dilema, sampai akhirynya kamu memilih untuk kuliah dan membatalkan jadi polisi. Namun mungkin saja kamu menolak beasiswa dan tetap menjadi polisi.

Nah, sobat penulis cilik, jadi ada dua jenis takdir, ada yang bisa dirubah ada juga yang tidak, intinya kita harus tetap berihtiar dan berdo’a terkait hasilnya kita serahkan kepada Tuhan.

Baca:
Makna Rukun Iman
Makna iman kepada hari akhir
Pesan malaikat Jibril

Berikut ini penjelasan dari hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal adalah?

Takdir

Ada dua jenis takdir, yaitu:

  1. Takdir muallaq adalah ketentuan Allah yang bisa dirubah dengan cara ikhtiar.
  2. Takdir mubbom adalah ketentuan yang sudah pasti dan tidak bisa dirubah oleh manusia. Contoh: jodoh, kematian, kelahiran, dll.

Ihtiar

Ihtiar adalah usaha dari kita sebagai manusia, dengan kemampuan kita sendiri tentunya, untuk berusaha merubah takdir (Takdir muallaq).

Do’a

Do’a adalah permohonan ataupun permintaan kita kepada Allah, tentunya dengan penuh rasa ikhlas dan rendah hati.

Tawakkal

Tawakkal adalah sikap menerima dengan cara berserah diri kepada Allah sehingga dengan ikhlas dan sabar menerima hasilnya.

Baca:
Perbedaan Qada dan Qadar
Perbedaan amin
Perbedaan kiamat sugra dan kubra

Nah sobat, jadi itulah penjelasan singkat dari hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca, dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu