in

Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja?

Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja?
Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja?

Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja?. Ini materi IPS, tingkat SMP, pelajaran kelas 9, tentang Kerjasama Ekonomi Internasional.

Seperti yang sudah aku jelaskan pada tulisaku sebelumnya, tentang (Apa yang kamu ketahui tentang MEA?) bahwa dengan adanya MEA, semua profesional yang ada di kawasan Asia Tenggara, dapat bekerja dengan bebas di kawasan ASEAN.

Semua profesional seperti: pengacara, dokter, guru, dll dari negara-negara yang ada di ASEAN dapat bekerja di Indonesia ataupun sebaliknya.

Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja?

Jadi dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini, lapangan pekerjaan akan bertambah banyak dan terbuka lebar bagi siapaun, namun para pencari kerjanya pun juga lebih banyak.

Dengan kata lain, saingan akan semakin banyak. Kita semua akan berlomba dengan warga dari negara – negara anggota ASEAN termasuk Indonesia memperebutkan satu pekerjaan.

Sebagaimana dijelaskan pada 4 Pilar MEA, yang mana pada pilar 1, yaitu Pasar dan basis produksi tunggal ASEAN terdiri dari atas lima elemen inti, salah satunya adalah: Arus tenaga kerja terampil yang bebas.

4 Pilar MEA atau AEC
4 Pilar MEA atau AEC

Download “4 Pilar MEA” 4-Pilar-MEA-atau-AEC.jpg – Downloaded 3 times – 41 KB

Kamu bisa bayangkan dong, saingan dengan warga negara Indonesia saja sudah susah, apalagi ini?

Baca:
Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya
Persamaan dan perbedaan negara ASEAN
Tujuan negara menerapkan sistem ekonomi
Apa manfaat dibentuknya kerjasama ASEAN dalam bidang penanggulangan bencana alam?

Kesimpulan

Dengan adanya MEA ini lowongan pekerjaan akan bertambah banyak, kita semua bisa bekerja di negara manapun di kawasan Asia Tenggara dengan mudah, namun kamu harus bisa dan mampu bersaing dengan seluruh warga negara di Asia Tenggara.

Maka dari itu, kamu harus rajin belajar dari sekarang, karena jika tidak bisa-bisa kamu tidak akan dapat pekerjaan loh nantinya.

Sobat penulis cilik, itulah yang bisa aku bahas dari kunci jawab soal: Jelaskan hubungan MEA dengan kebutuhan tenaga kerja? Koreksi dan bagikan ya!

Yuk tulis komentar kamu