in

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak
Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jelaskan bagaimana latar belakang berdirinya kerajaan Demak? Ini adalah kunci jawaban pada soal uji kompetensi dari pelajaran Sejarah, Kelas 11, Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kerajaan Demak dikenal sebagai sebagai kerajaan Islam terbesar, juga yang pertama di pesisir pulau Jawa. Dimana, awal mulanya kerajaan ini adalah bagian dari kerajaan Majapahit, yaitu salah satu Kadipatennya.

Demak juga merupakan salah satu pelopor atau yang mendorong perkembangan Agama Islam di negara Indonesia ini. Lalu, bagaimana proses berdirinya kerajaan Demak?

Baca: Penyebab kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran?

Latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Pada abad ke-15 akhir, kerajaan Majapahit mengalami kemunduran, seperti yang sudah penulis cilik sampaikan di atas, bahwa Demak merupakan bagian dari kerajaan tersebut.

Baca: Perbedaan Visi dan Misi

Banyak kadipaten mulai memisahkan diri, bahkan tidak sedikit yang mulai saling menyerang satu sama lain, dengan anggapan mereka adalah pewaris sekaligus pemilik tahta.

Penyebab kemunduran kerajaan Majapahit adalah Sultan Trenggoni yang merupakan raja kala itu di racuni, akibatnya politik di dalam kerajaan bergejolak, mulai dari perbedaan pandangan, sampai pada keinginan menguasai kerajaan.. Akhirnya, tahun 1478 Majapahit runtuh.

Pada tahun 1500, kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah, sekaligus dianggap putra Majapahit terakhir. Demak yang berlokasi di bagian utara pantai Jawa, memang sudah menjadi kawasan yang cukup mandiri dalam segi perekonomian, jadi jika menjadi kerajaan memang cocok.

Baca:
Manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia
Manfaat energi matahari bagi alam

Kiranya itu saja yang bisa aku sampaikan tentang soal: Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak. Koreksi jika ada kesalahan, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu