in

SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk

Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk
Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk

Soal: Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk. Ini kunci jawaban pelajaran agama Islam, Kelas 10, Sekolah Menang Atas (SMA). Teman, ada banyak sekali perang yang sudah dilakukan umat muslimin kala itu.

Atas izin dari Allah SWT, umat muslimin dapat memenangkan banyak peperangan, walau banyak kegiatan perang yang kekurangan pasukan dan alat perang.

Untuk kita ketahui bersama, umat islam bukan ingin berperang merebut kekuasaan, melainkan terlebih dahulu memberitahukan melalui surat, yang berisi ajakan memeluk islam.

Pada artikel ini, aku akan coba jelaskan secara singkat, semoga kalian bisa mengerti, memahami, dan menjawab pertanyaan tentang perang tabuk. Kamu juga bisa mengkoreksi jika ada kesalahan.

Baca: Perbedaan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah

Latar belakang terjadinya perang tabuk

Perang tabuk adalah serangan ke wilayah Tabuk, dimana wilayah ini sampai takluk tanpa adanya peperarangan atau pertumpahan darah. Diriwayatkan juga bahwa perang tabuk merupakan penyerangan terakhir Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini kemenangan perang tabuk dan latar belakang terjadinya, yaitu:

  1. Pada pertempuran Mu’tah (629 M), umat islam gagal mengalahkan Romawi Timur (Pasukan Bizantium), kekalahan ini menjadi alasan orang berpikir bahwa kekuatan umat islam mulai melemah.
  2. Pada tahun 630 M, terdengar kabar bahwa Bizantium dan sekutu Ghassaniyah-nya akan menginvasi Hijaz, dengan jumlah pasukan yang banyak (40.000-100.000 orang)
  3. Heraclius atau Kaisar Bizantium, memiliki pemikiran berbeda dimana menganggap kaum semakin pesat menguasai Jazirah Arab. Ini juga yang menjadi alasan agar segera memerangi umat Islam.
  4. Diriwayatkan 30.000 pasukan berangkat ke tabuk, namun sangat minim perlengkapan dan perbekalan.
  5. Sesampainya di Tabuk, tidak satupun pasukan Bizantium di sana, ada yang meriwayatkan, karena Heraclius menyadari ciri-ciri kenabian Muhammad SAW, maka dia menarik pasukan, karena tidak akan menang melawan umat muslim.
  6. Umat muslim berkemah selama 10 hari, selama di sana Rasulullah menyempatkan bertemu dengan kabilah-kabilah di sekitar Tabuk, alhasil banyak yang bergabung, khususnya mereka yang sudah tidak suka dengan kekuasaan Bizantium. Setelah itu Pasukan muslim kembali ke Madinah yang sudah ditinggalkan selama 30 hari.

Baca:
Isi Perjanjian Hudaibiyah
Fakta orang pemalas
Latar belakang Sumpah Pemuda

Nah, itulah yang menjadi Latar belakang terjadinya perang Tabuk. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel penulis cilik ini.

Yuk tulis komentar kamu