in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya
Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya. Setelah artikel sebelumnya aku sudah menulis juga tentang pernapasan, kali ini juga masih sama.

Manusia bernapas adalah untuk memenuhi kebutuhan oksigen ke dalam tubuh kita, dimana fungsi utamanya adalah menunjang kerja jantung dalam memompa darah.

Tanpa kita sadari, menurut penelitian, manusia berpanas sebanyak kurang lebih 30 ribu kali dalam sehari, banyak juga ya?

Baca juga: Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia

Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Berikut ini adalah beberapa organ penyusun pada sistem pernapasan manusia, diantaranya

Fungsi Hidung

Hidung adalah organ bagian luar dari sistem pernapasan, dimana fungsi hidung adalah tempat udara masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh bulu hidung dan cairan hidung. Sebagai indera penciuman, hidung bisa mendeteksi bau, jadi kita bisa berpindah dan mencari tempat lain yang memiliki udara segar.

Baca juga:
Contoh teks LHO Kucing
Perbedaan DNA dan RNA

Fungsi Faring

Faring adalah bagian dari saluran pencernaan, dalam sistem pernapasan, faring berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya udara dari hidung dan mulut. Faring sering disebut juga tenggorokan, letaknya di depan tulang leher.

Fungsi Laring

Laring adalah katup yang bekerja secara cepat dengan cara membuka dan menutup ketika manusia bernapas, tujuannya untuk menjaga agar tidak adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Misalnya adalah ketika kita sedang makan dan berbicara. Letaknya berada di bawah Faring.

Fungsi Trakea

Trakea adalah jalan masuk udara menuju paru-paru, berbentuk tabung tabung pernapasan, memiliki diameter sekitar 20-25 mm dan panjang 10 – 16 cm kurang lebih

Baca juga: Anggota tubuh dalam bahasa inggris

Fungsi Brokus

Bronkus adalah cabang batang tenggorokan setelah trakea yang jumlahnya cabangnya ada dua, yaitu fungsi bronkus untuk menyalurkan udara ke paru-paru kanan dan kiri. Untuk bentuknya ukurannya sama seperti Trakea.

Fungsi Paru-paru

Paru-paru adalah bagian akhir dari sistem pernapasan manusia, dimana udara yang masuk akan dipisahkan antara oksigen dan karbondioksida. Oksigen akan masuk ke dalam sel darah merah, kemudian karbondiosida akan dikeluarkan kembali.

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi

Itulah jawaban dari soal: Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya. Mohon koreksi, atau kamu bisa melengkapi sisanya di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca web penulis cilik.

Yuk tulis komentar kamu