in ,

NgakakNgakak TakutTakut SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Sebutkan dan Jelaskan Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam

Sebutkan dan Jelaskan Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam
Sebutkan dan Jelaskan Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam

Sebutkan dan Jelaskan Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam. Musyawarah adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat, dimana intinya adalah menyelesaikan sesuatu dengan pengambilan keputusan dengan kesepakatan bersama.

Contoh musyawarah di Sekolah adalah pemilihan ketua kelas atau perangkat kelas yang akan menjaga keamanan dan ketertiban di kelas.

Baca juga : Cara membuat struktur kelas

Q.S Ali Imran ayat 159 tentang Musyawarah
Q.S Ali Imran ayat 159 tentang Musyawarah

Jelaskan tata cara bermusyawarah dalam islam

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan bermusyawarah berdasarkan dalam perspektif islam (Q.S Ali Imran ayat 159), sehingga tercipta musyawarah untuk mencapai mufakat dan amanah. Sebagai berikut:

Lemah lembut dan sopan santun

Pada proses menyampaikan usulan dalam bermusyawarah, jangan menggunakan nada yang keras atau mengitimidasi, gunakan kalimat yang baik agar tidak menyakiti orang lain yang mendengar, karena itu ciri anak sholeh dan sholehah

Tidak berikap keras atau egois

Jangan memaksakan kehendak sendiri dan menganggap usulan orang lain tidak baik, tentunya itu akan membuat orang lain membenci sikap kita. Jadilah pendengar yang baik, yang dapat menjadi contoh kebaikan untuk orang lain.

Baca juga : Penyebab Bullying di Sekolah

Memaafkan orang lain yang tidak setuju

Jika ada orang lain yang tidak setuju dengan pendapat kita, maka kita harus menjawab dengan baik, dan memaafkan, jangan dendam.

Bersikap lapang dada

Jika sudah diputuskan hasilnya, maka sudah sebaiknya kita menerima dengan hati yang ikhlas, walau bagaimana pun itu sudah yang terbaik hasilnya.

Bertawakal kepada Allah SWT

Keputusan adalah hasil akhir, tidak dapat diubah lagi, untuk itu kita harus bertawakal kepada Allah SWT dan menerima serta menjalankan keputusan dengan baik.

Baca juga : Tips jadi ketua kelas yang baik

Tahukah kamu, apakah akibat yang akan terjadi apabila bermusyawarah dilakukan dengan keras hati? tentunya akan menimbulkan perpecahan bahkan sampai tindak kekerasan yang dibenci oleh Allah SWT.

Itulah mengapa di dalam ajaran Islam sangat menyerukan penyelesaian persoalan dengan cara bermusyawarah, sehingga tidak terjadi tindakan main hakim sendiri atau merasa paling benar dengan pendapatnya.

Baca juga : Contoh Pengamalan Sila ke 4 di Sekolah

Kiranya itu yang dapat aku buat tentang Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam, semoga bermanfaat. Mohon koreksi jika ada kesalahan.

Yuk tulis komentar kamu