in ,

Tolong jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa

jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa
jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa

Tolong jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa. Seri rupa adalah cabang dari seni yang dapat dilihat dan diraba (rabaan).

Beberapa jenis seni rupa murni adalah:  Seni lukis, Seni grafis, Seni patung, Seni instalasi, Seni pertunjukan, Seni keramik, Seni film, Seni koreografi, dan Seni fotografi.

Yang mungkin pernah kalian lakukan adalah seni lukis, karena pasti pernah mengikuti kegiatan menggambar di sekolah.

Baca juga :

  1. 10 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan 2 Dimensi
  2. Untuk apa pensil warna putih?

Macam-macam Unsur fisik dan non fisik seni rupa

Seni rupa terbagi menjadi dua unsur, yaitu fisik dan non fisik, berikut penjelasannya:

Apa itu Unsur Fisik Seni Rupa

Pengertian Unsur fisik adalah semua unsur yang terlihat secara visual dan dapat diraba pada sebuah karya seni. Berikut ini adalah unsur fisik pada seni rupa:

Unsur Garis

Garis merupakan unsur fisik yang memiliki arah dengan dimensi memanjang, dimana garis biasanya berbentuk panjang, pendek, lurus, melengkung, berombak, vertikal, horizontal, tebal, dan tipis.

Unsur Bidang (raut atau bentuk)

Bidang merupakan adalah tampilan bentuk atau wujud sebuah objek (memiliki massa/ volume) yang membentuk karya seni, seperti menonjol, pipih, dll

Unsur Ruang

Ruang merupakan unsur dalam seni rupa yang tidak berisi atau kosong, menunjukkan dimensi sebuah objek. Biasanya terdapat pada seni 3 dimensi.

Unsur Tekstur (barik)

Tekstur merupakan penggambaran sebuah objek baik halus ataupun kasar, dimana keindahan karya seni terlihat dari kualitas taktil (dapat diraba)

Unsur Warna

Warna merupakan unsur penting dalam sebuah karya seni, karena mata yang melihat akan memberikan penjelasan kepada otak, baik atau buruk dan pas atau tidak. Biasanya terdapat pada karya seni dua dimensi.

Unsur Tone

Tone merupakan unsur keseimbangan warna, seperti gelap dan terang atau kontras atau tidaknya suatu karya seni. Biasanya timbuk akibat perbedaan intensitas pencahayaan.

Baca juga : Ukuran buku gambar A3

Apa itu Unsur non Fisik Seni Rupa

Pengertian unsur non fisik adalah suatu prinsip atau kaidah yang bersifat umum namun bersifat penting mendukuk kaidah non fisik, sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan dapat dinikmati. Berikut ini adalah contoh unsur nonfisik dalam seni rupa:

Unsur Kesatuan (unity)

Kesatuan merupakan perpaduan kedua unsur untuk membentuk karya seni yang indah dari banyak karakter.

Unsur Keseimbangan (balance)

Keseimbangan merupakan semua unsur yang tersusun dengan seimbang, sehingga tercipta keterpaduan menjadi sebuah karya yang indah.

Unsur Irama (rhythm)

Irama merupakan suatu kesan yang tersirat dari karya yang dihasilkan dari perpaduan unsur dengan komposisi yang pas.

Baca juga : Cara membuat cover buku dan unsur-unsurnya dimana sudah dibahas lebih detail tentang unsur.

Terima kasih sudah membaca unsur fisik dan non fisik seni rupa, tentunya sekarang kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan unsur-unsur non fisik dan fisik.

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi