in

KerenKeren

Karya seni rupa 2 dimensi serta penjelasannya

Karya seni rupa 2 dimensi serta penjelasannya
Karya seni rupa 2 dimensi serta penjelasannya

Karya seni rupa 2 dimensi. Ada dua jenis karya seni yang umum kita ketahui, yaitu 2 dan 3 dimensi, dimana semua mempunyai letak keunikan masing-masing.

Kemampuan dalam membuat karya seni rupa 2 dimensi ini juga berbeda dengan tiga dimensi, selai waktu, dan alat yang digunakan juga umumnya area yang digunakan harus lebih luas.

Pada artikel ini, penulis cilik akan memberikan penjelasan singkat tentang contoh karya seni rupa 2 dimensi serta penjelasannya.

Baca juga: Seni rupa 3 dimensi adalah?

Karya seni rupa 2 dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya yang tidak memiliki ruang di dalamnya, dimana hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa melihat contoh seni dua dimensi ini adalah lukisan.

Ada banyak teknik seni rupa 2 dimensi, begitu juga dengan unsur-unsur yang mempengaruhinya, tentunya ini akan berdampak pada proses pembuatan, akibatnya harga dari karya seni itu sendiri menjadi mahal.

Baca juga: Arti warna ungu dalam seni rupa

Contoh karya seni rupa 2 dimensi

Berikut contoh beserta penjelasannya, diantaranya:

Paper cutting

Paper cutting adalah seni melubangi kertas, dimana sebelumnya kertas tersebut sudah diberikan pola tipis (sketsa) sehingga mempermudah dalam proses pemotongan bagian-bagiannya, umumnya menggunakan kertas yang cukup tebal, sehingga tidak mudah sobek.

Lukisan

Lukisan adalah suatu seni yang menggunakan cat air dalam mengkombinasikan berbagai warna di atas kanvas, sehingga menjadi karya seni/ gambar yang dibuat dengan tangan.

Fotografi

Fotografi adalah teknik pengambilan foto/ gambar dengan bantuan camera dengan berbagai angle, sehingga tercipta suatu hasil gambar yang memiliki makna bagi yang melihatnya.

Baca: Apa tujuan pameran karya seni

Stensil

Stensil adalah bentuk gambar yang dibuat dengan cetakan atau pola yang sudah disiapkan sebelumnya, misalnya saja teknik sablon.

Mozaik

Mozaik adalah karya yang terbentuk dari kumpulan benda-beda yang disusun sedemikian rupa, sehingga menjadi gambar atau objek tertentu.

Banner adalah seni desain grafis dengan bantuan komputer, kemudian di cetak/ print. Umumnya ditujukan untuk kegiatan promosi produk.

Poster

Poster adalah hampir sama seperti banner, tetapi poster fungsinya selain untuk promosi juga sering digunakan dalam penyampaian informasi tertentu.

Contoh:
Poster lingkungan sekolah
Poster hemat energi
Poster globalisasi

Batik

Batik adalah seni lukis di atas kain, dengan lilin/ malam yang membantu proses pemberian warna, karena lamanya proses ini, umumnya batik tulis sangat mahal. Seiring dengan perkembangan zaman, batik printing lebih cepat dan murah.

Baca juga: Unsur fisik dan non fisik seni rupa

Teman, itulah Karya seni rupa 2 dimensi serta penjelasannya, semoga bermanfaat dan mohon koreksi jika aku salah.

Yuk tulis komentar kamu