in

Kebutuhan Waktu Tidur yang Baik untuk Anak dan Ideal

Kebutuhan Waktu Tidur yang Baik untuk Anak dan Ideal
Kebutuhan Waktu Tidur yang Baik untuk Anak dan Ideal

Kebutuhan Waktu Tidur yang Baik untuk Anak dan Ideal. Dunia anak adalah bermain, apapun yang dimainkan anak harus tetap dikotrol oleh kita sebagai orangtua, saya yakin semua sudah mengetahui alasannya.

Khususnya pada gawai yang sudah diberikan kepadanya, jangan sampai kecanduan permainan gawai, karena dapat membuatnya anak malas, sehingga sering melupakan aktivitas fisik lainnya.

Seperti kita ketahui bahwa kecanduan memainkan gawai juga dapat menyebabkan anak lupa untuk istirahat, makan, mandi, dan tidur. Selain gizi yang terkandung di dalam makanan, waktu tidur juga harus cukup, jangan sampai anak tidur larut malam.

Baca juga: Kapan waktu minum yang ideal?

Untuk pola tidur bayi 0-3 bulan memang belum menjadi masalah, karena bayi pada usia bayi 0-3 bulan masih belum mengerti apa-apa, hanya perlu dicukupi saja asupan Asi (Sufor) dan periksa/ganti popok secara berkala sehingga bayi tidak rewel.

Ciri-ciri anak yang kurang tidur.

Seiring meningkatnya usia anak, tentunya semakin banyak hal yang dia tahu, semakin banyak yang dapat dia kerjakan, dan semakin susah untuk diatur jam tidurnya. Untuk itu diperlukan trik khusus mengatur pola kebiasaan anak, agar cukup anak istirahat.

Berikut ini adalah ciri anak yang kurang tidur:

  1. Cepat tidur jika diajak jalan-jalan (naik kendaraan)
  2. Susah bangun pagi terkadang harus dibangunkan, karena panggilan kita sudah tidak terdengar di telinganya.
  3. Anak cenderung rewel baik di siang atau malam hari
  4. Mudah terkena penyakit karena malas makan dan malas beraktivitas fisik

Kebutuhan waktu tidur yang baik untuk anak

Jam berapa sebaiknya anak tidur siang atau malam ? Nah, sebagai tambahan, berikut ini adalah jumlah waktu tidur dalam sehari anak kita, yang sudah dikelompokkan berdasarkan usia:

Jam tidur bayi 1 tahun

Jam tidur bayi usia 0 s.d 1 tahun adalah 14-15 jam, jumlah waktu tidur ideal bayi pada malam hari selama 8 jam dan tidur siang sekitar 6-7 jam.

Jam tidur bayi dibawah 3 tahun (Batita)

Waktu tidur ideal Batita usia 1 s.d 3 tahun adalah 12-14 jam (Waktu tidur idel batita adalah 11 jam pada malam dan waktu tidur ideal pada siang hari selama 2-3 jam).

Jam tidur anak usia belum sekolah

Waktu tidur anak preschool usia 4 s.d 6 tahun adalah 11-13 jam, jumlah waktu tidur ideal malam adalah 10-11 jam, dan 2 jam siang hari).

Jam tidur anak usia sekolah

Waktu tidur usia sekolah umur 7 s.d 12 tahun adalah 10-11 jam (8-9 jam tidur malam, dan waktu ideal tidur siang 2 jam siang hari).

Baca juga: Motivasi belajar anak jaman now

Setelah melihat data di atas, apakah jam titur putra/putrinya sudah cukup? jika belum, segera mengatur pola tidur secara bertahap, jika memang sudah susah untuk diaturnya.

Untuk saya pribadi, karena saya sudah mengatur pola makan, bermain, dan tidur anak, Dia sudah bisa tidur jam 8 malam, walau untuk awal-awal ada beberapa kali penolakan darinya.

Sekian artikel terkait kebutuhan waktu tidur yang baik untuk anak, semoga dapat bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu