in

Kisah Nabi Harun Singkat dan Keteladanannya

Kisah Keteladanan Nabi Harun Singkat
Kisah Keteladanan Nabi Harun Singkat

Kisah Nabi Harun Singkat dan Keteladanannya. Nabi Harun alaihissalam (هارون‎ / Hārūn) adalah kakak kandung dari Nabi Musa alaihissalam. [1]

Beliau diberikan karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala tutur kata yang baik dan mudah dimengerti (lancar dalam berbicara).

Nabi Harun selalu mendampingi Nabi Musa dalam memperjuangkan kebebasan kaum Bani Israil dari Fir’aun. Kesetiaan nabi Harun diabadikan dalam Al-quran salah satunya pada Q.S. Thaha ayat 47.

Kisah Nabi Harun Singkat

Selain setia kepada adiknya (Nabi Musa), Nabi Harun juga selalu membela orang-orang yang tertindas (kaum Bani Israil) pada saat melawan Fir’aun.

Fir’aun yang licik dan merasa jadi tuhan selalu mengingkari janji kepada Nabi Musa dan Nabi Harun. Walau banyak azab dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya, seperti: banjir, hama, wabah, dll Fir’aun masih saja keras kepala dan enggan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Sampai suatu ketika Nabi Harun dan Nabi Musa membawa seluruh kaum Bani Israil meninggalkan kota Mesir pada malam hari. Menjelang matahari terbit Fir’aun dan pasukannya berhasil menemukan mereka semua yang berada di pinggir laut.

Allah subhanahu wa ta’ala mewahyukan kepada Nabi Musa agar memukulkan tongkatnya ke laut dan laut itupun terbelah, seraya membuka jalan.

Kemudian mereka semua berjalan melewatinya, jalan yang dilewati kering dan mengantarkan ke tepi. Fir’aun dan pasukannya juga berusaha untuk mengikutinya, namun sebelum sampai di tepi, laut itu kembali menyatu sehingga Fir’aun dan pasukan tenggelam.

Akhirnya kaum Bani Israil terbebas dari siksaan Fir’aun dan memulai hidup baru di daerah Palestina.

Suatu ketika Allah SWT, meminta Nabi Musa As untuk naik ke puncak Gunung Sinai untuk menerima kitab Taurat, lama kepergian kurang lebih 40 hari 40 malam. Selama itu kepemimpinan diserahkan kepada Nabi Harun As.

Keteladanan Nabi Harun

  1. Kita harus setia kebenaran dan keimanan
  2. Kita harus berperilaku kasih sayang dan santun kepada sesama walau kita tidak menyukai mereka

Baca:
Kisah nabi Khidir
Kisah Nabi Isa Alaihissalam Singkat
Kisah Nabi Yusuf Singkat
Kisah Nabi Ilyas Alaihissalam Singkat
Kisah 25 Nabi

Sobat penulis cilik, ada nama 25 Nabi yang harus kita tahu, salah satunya nabi Musa dan Harun. Kiranya itu yang bisa aku bagikan dari Kisah Nabi Harun Singkat. Koreksi dan bagikan ya.

Yuk tulis komentar kamu