in

Kisah Nabi Idris Alaihissalam Singkat

Kisah Nabi Idris Alaihissalam Singkat
Kisah Nabi Idris Alaihissalam Singkat

Nabi Idris ‘alaihissalam merupakan salah satu dari 25 nabi yang diceritakan dalam Al Quran dalam surat Al-Anbiya yang menyatakan bahwasannya nabi Idris termasuk nabi penyabar. Nabi Idris ‘alaihissalam hidup pada zaman bani israil. Sebagian ulama berpendapat bahwa nabi idris hidup setelah dan ada juga yang berpendapat sebelum nabi Nuh.

Nabi idris ‘alaihissalam termasuk nabi yang dianugerahkan kepandaian dalam disiplin ilmu serta kemampuan dalam mempermudah pekerjaan manusia. Nabi idris ‘alaihissalam juga disebut sebagai nabi yang pertama kali menulis dengan pena, menjahit baju serta hal-hal yang berkaitan dengan medis.

Pada kisah nabi idris ‘alaihissalam pernah terjadi kemarau panjang karena Allah Subhanahu Wata’ala menghukum sebagian kaum karena melupakan-NYA. Namun, nabi idris ‘alaihissalam tidak tinggal diam, beliau meminta hukuman tersebut diakhiri dengan memohon kepada Allah dan akhirnya Allah mengabulkan doa nabi Idris.

Baca:
Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail
Kisah Nabi Ilyasa Singkat

Kisah nabi idris di jelaskan dalam beberapa surat Al Quran, seperti dalam surat Maryam : 56-57 yang memiliki arti “Dan ceritakanlah Idris di dalam Al Quraan. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi”, “Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi”.

Selain dalam ayat Al Quran, dalam Hadist sahih bukhari juga menyebutkan bahwasannya nabi idris ‘alaihissalam adalah orang pertama yang berbicara dengan nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam pada saat isra mi’raj.

Baca: Perbedaan Nabi dan Rasul

Ajaran dan nasihat yang disampaikan oleh nabi idris ‘alaihissalam seperti sebuah kesabaran disertai iman kepada Allah akan membawa kemenangan, orang yang bahagia adalah orang yang mengharapkan syafaat dari Sang Pencipta, niatkan segala sesuatu terutama beribadah dengan ikhlas karena Allah Subhanahu Wata’ala.

Selain itu ada juga ajaran dan nasihat lainnya yaitu jangan pernah memberikan sumpah palsu karena dosanya sungguh besar, jauhi diri dari sifat iri dengan apa yang dimiliki orang lain dan jangan lupa untuk bersedekah atas harta yang kita punya serta masih banyak ajaran dan nasihat lainnya.

Baca:
Kisah Nabi Yahya
Kisah Nabi Zulkifli

Berikut merupakan kisah nabi idris ‘alaihissalam dan surat Al Quran yang menyebutkan terkat nabi Idris ‘alaihisslam. Semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman dan bermanfaat kedepannya. Sekian, terimakasih.

Yuk tulis komentar kamu