in , ,

Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat dan Kaumnya

Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat
Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat

Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat. Teman, ada 25 Nabi yang harus kita ketahui, salah satunya adalah Nabi Luth yang dapat kalian baca di bawah ini.

Semua Nabi dan Rasul yang diutus Allah SWT adalah orang-orang pilihan, dengan keunikan dan mukjizat Nabi masing-masing.

Kamu juga dapat membaca kisah nabi lainnya:

  1. Kisah Nabi Ayub Singkat
  2. Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail
  3. Kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam Singkat

Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat

Berikut ini adalah kisah Nabi Luth singkat dan azab kaum sodom, selamat membaca.

Nabi Luth Alaihissalam adalah keponakan Nabi Ibrahim Alaihissalam Beliau tinggal di daerah Palestina dan bertetangga dengan Nabi Ibrahim AS. Sesudah beliau diangkat menjadi nabi juga rasul, Nabi Luth ditugaskan Allah SWT untuk berdakwah di negeri Sodom (Sadum).

Sebuah negeri yang penduduknya sangat durhaka dan juga sesat. Kaum Sodom tidak hanya menyekutukan Allah, mereka juga memiliki moral yang sangat tidak baik, mereka menikah dengan sesama jenis.

Laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan padahal Takdir manusia adalah menikah dengan lawan jenisnya yaitu laki-laki menikah dengan perempuan. Tugas Nabi Luth sangatlah berat, beliau harus berdakwah kepada kaum yang telah menyimpang dari takdir mereka.

Pikiran mereka sudah terbolak-balik dan mereka tidak merasa bersalah melakukan perbuatan dosa itu. Nabi Luth memberikan nasehat yang baik melalui dakwah-dakwahnya, tetapi kaum Sodom tidak mau menerimanya dan mengejek Nabi Luth.

Jika Nabi Luth mengingatkan akan adanya Hari pembalasan serta azab dari Allah SWT, mereka malah menantang, agar segera mendatangkan siksaan Allah itu.

Kesedihan Nabi Luth semakin mendalam, karena bukan hanya umat beliau yang menentang, tetapi istrinya pun malah mengikuti orang-orang sesat dan keji itu membantu mereka menentang dakwah beliau.

Pada suatu hari Nabi Luth didatangi dua tamu yang sangat tampan, istri Nabi Luth sangat gembira dan ia segera menemui kaumnya untuk memberitahukan hal itu kepada mereka, mendengar berita itu semua orang kegirangan, mereka saling berebut untuk mendapatkan dua pemuda tampan itu.

Maka berbondong-bondong lah orang-orang menuju rumah nabi, mereka berteriak keras kepada Nabi Luth agar mengeluarkan kedua tamunya yang tampan itu.

Nabi Luth yang gelisah akibat teriakan warga Sodom, mencoba untuk menyadarkan bahwa apa yang mereka lakukan adalah tindakan yang tidak baik atau tercela.

Namun, sayangnya apa yang dilakukan Nabi Luth itu sia-sia, kerena mereka tetap meminta nya untuk menyerahkan tamunya.

Disaat yang genting itu, tiba-tiba kedua tamu Nabi Luth mengatakan bahwa sebenarnya mereka adalah utusan Allah.

Kedua tamu itu menyarankan agar Nabi Luth untuk tenang dan meminta Nabi Luth sekeluarga beserta pengikutnya untuk meninggalkan negeri Sodom di malam hari.

Kedua utusan Allah itu juga meminta Nabi Luth dan pengikutnya untuk tidak berpaling melihat ke belakang. Maka keluar Nabi Luth sekeluarga melalui pintu belakang.

Ketika menjelang pagi, para pendukuk yang sudah tidak sabar menunggu tamu Nabi Luth keluar, mencoba mendobrak pintu rumah beliau. Mereka bersorak kegiragan karena melihat kedua pemuda itu masih ada di dalam rumah.

Tetapi maksud mereka untuk membawa kedua pemuda tampan itu sirna, karena tiba-tiba sepasang mata mereka tidak dapat melihat lagi, mereka di azab oleh Allah hingga menjadi buta.

Keesokan paginya, datang lagi azab Allah yang lain, yaitu gempa bumi yang sangat dahsyat, juga dihujani dengan batu besar yang banyak, sehingga tidak ada satupun yang selamat.

Nabi Luth bersama istri dan kedua anaknya mendengar gemuruh hancurnya negeri Sodom, mereka terus berjalan tanpa berani menoleh ke belang, namun istrinya tergerak hatinya untuk menoleh ke belakang, maka istrinya seketika berubah menjadi batu dan hancur bersama penduduk negeri Sodom.

Baca juga: Kisah Nabi Yahya Alaihissalam

Hikmah kisah Nabi Luth

Hikmah dari kisah ini adalah agar kita tidak durhaka dan tidak melanggar larangan kepada Allah SWT, karena kaum Sodom telah menyalahi kodrat, yaitu menikah dengan sesama jenis.

Biografi Nabi Luth Alaihissalam

  • Nama lengkap Luth bin Haran
  • Tanggal lahir Nabi Luth: –
  • Tempat wafat Nabi Luth Desa Shafrah di Syam (Syria)
  • Nabi Luth wafat pada usia 80 tahun.
  • Ayah Nabi Luth adalah Haran (Abara’an) bin Azar
  • Periode sejarah Nabi Luth 1950-1870 SM
  • Tempat Nabi Luth diutus adalah negeri Sodom dan Amurah (Laut Mati atau Danau Luth)
  • Nabi Luth memliliki 2 putri (Ratsiya dan Za’rita)
  • Nama Nabi Luth disebut 27 kali di dalam Al-Quran

Video Kisah Nabi Luth Alaihissalam

Silahkan simak video ini, sekaligus merupakan sumber kisah di atas.

Demikianlah Kisah Nabi Luth Alaihissalam Singkat di negeri Sodom, semoga kita bisa mengambil hikmah dari kisah ini, agar tidak durhaka dan melanggar larangan Allah SWT.

Baca juga:

  1. Kisah Julaibib sahabat Nabi
  2. Kisah Abu Nawas

Terima kasih sudah membaca, mohon maaf jika ada kesalahan, tolong dikoreksi di kolom komentar ya.

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi