in

TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Kisah Nabi Muhammad SAW Singkat

Kisah Nabi Muhammad SAW Singkat
Kisah Nabi Muhammad SAW Singkat

Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam (SAW) merupakan nabi terakhir dari 25 nabi yang wajib kita ketahui atau nabi akhir zaman. Setiap umat muslim di dunia ini wajib mengimani nabi Muhammad sebagai panutan utama mereka. Setelah mengimani Allah Subhanahu Wata’ala, nabi Muhammad SAW kemudian mengimani Al Quran.

Sebagaimana Kisah Nabi Muhammad SAW yang aku tahu, beliau lahir pada tahun gajah tepatnya di kota Makkah. Nabi Muhammad dibesarkan oleh kakeknya sebagai anak yatim karena ayah nabi Muhammad meninggal sebelum beliau lahir begitupun dengan ibunya setelah beberapa tahun kelahiran juga meninggal.

Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam memiliki banyak keistimewaan dan mukjizat yang Allah Subhanahu Wata’ala berikan kepada Rasulullah. Mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada nabi Muhammad adalah Al Quran, ya kitab yang merupakan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Baca: Nama anak nabi Muhammad

Kisah Nabi Muhammad SAW

Imam Bukhari dan Imam Muslim, meriwayatkan bahwa menurut Aisyah RA, Nabi Muhammad memperoleh wahyu pertamanya adalah mimpi yang baik (al-ru’ya al-shalihah) ketika beliau tertidur.

Dari sanalah beliau menjadi senang merenung, yaitu di Gua Hira, lebih tepatnya di puncak Jabal Nur, kota Makkah. Di sana juga wahyu kedua diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril, yaitu 3 ayat Surah al-‘Alaq.

Baca: Pesan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad

3 ayat itu menjadi Surah pertama dalam Al-Quran yang tidak berubah sampai sekarang. Nabi Muhammad SAW berdakwah menggunakan dua metode yaitu metode terang-terangan dan metode sembunyi-sembunyi. Dakwah secara terang-terangan dijelaskan dalam surat Al-Hijr : 94 dan dakwah secara sembunyi nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam dibantu oleh para sahabatnya.

Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam wafat di kota madinah, pada saat itu sahabatnya Abu Bakar tidak berada di kota Madinah namun setelah mendengar berita tersebut Abu Bakar langsung menuju ke Madinah. Abu Bakar menyempaikan pidato kepada seluruh umat nabi Muhammad dan mereka sangat sedih kehilangan sosok panutan yang sangat mulia.

Baca: Perbedaan Nabi dan Rasul

Berikut kisah nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam, mulai dari lahirnya nabi Muhammad sampai dengan wafatnya. Semoga kita sebagai umatnya bisa mengimaninya dan selalu merindukannya, karena sesungguhnya Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam sangat sayang terhadap umatnya.

Hal tersebut dibuktikan pada saat nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam wafat yang dipanggil oleh Rasulullah adalah “umati”. Semoga kita bisa dipertemukan dengan nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam di akhirat kelak. Aamiin.

Baca:
Perbedaan keadilan Allah dan keadilan Manusia
Kisah teladan nabi Muhammad SAW

Kisah Nabi Hud As

Koreksi jika ada kesalahan, terima kasih sudah membaca website penulis cilik, dan membagikan kisah ini.

Yuk tulis komentar kamu