in

Kisah Umar bin Khattab Singkat

Kisah Umar bin Khattab Singkat
Kisah Umar bin Khattab Singkat

Kisah Umar bin Khattab singkat. Beliau adalah salah satu dari sahabat Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam (SAW), sekaligus mertua Rasulullah, atau ayah dari Hafshah (istri Nabi).

Umar bin Khattab digolongkan juga sebagai Khulafaur Rasyidin. Khulafaur Rasyidin adalah kekhalifahan yang berdiri setelah wafatnya Rasulullah SAW, yaitu pada tahun 632 M/ Tahun 11 H.

Sobat penulis cilik, awalnya Umar bin Khattab adalah orang yang paling membeci Rasulullah SAW dan Islam sebagai ajaran yang sebarkannya, namun atas kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), bagaimana kisahnya?

Kisah Umar bin Khattab

Sobat, ini sejarah Umar bin Khattab dari lahir sampai wafat secara singkat. Beliau Lahir sekitar 584 atau 3 November 644. Wafat dibunuh oleh Abu Lukluk (Fairuz), pada Rabu, 25 Dzulhijjah 23 H/ 644 M.

Ketika secara terbuka Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam di Mekkah, Umar yang paling bereaksi atau sangat antipati.

Para sahabat Nabi pun memperhitungkannya, selain orang yang dikenal sebagai ahli strategi perang, Umar juga sering menggunakan kekuatannya untuk menyiksa umat muslimin.

Saking hebatnya dia dalam bergulat/ bertarung, sering diibaratkan 1 orang Umar sebanding dengan 1000 orang prajurit. Bahkan ada kisah Umar bin Khattab bertemu Iblis, Iblis yang pergi menghindar karena takut.

Baca:
Kisah Nabi Luth Alaihissalam
Kisah Nabi Yusuf
Kisah Nabi Ilyas
Kisah Julaibib Sahabat Nabi

Puncak kebenciannya, Umar pun memutuskan untuk membunuh Nabi Muhammad SAW, namun ketika di perjalanannya ia bertemu dengan salah seorang bernama Nu’aim bin Abdullah.

Nu’aim memberi tahu bahwa saudara perempuannya telah masuk Islam. Umar terkejut, kemudian pulang ke rumahnya dengan maksud untuk menghukum adiknya itu.

Ketika sampai di bagian luar rumah, Umar mendengar saudarinya sedang membaca Al Qur’an surat Thoha ayat 1 – 8, ia pun semakin marah.

Ketika Umar masuk dan bertanya tentang bacaan tadi, adiknya tidak menjawab, maka terjadilah perselisihan yang berujung pada pemukulan. Umar kaget tidak biasanya adiknya seperti ini.

Dia meminta untuk melihat bacaan tersebut, namun adiknya meminta Ia untuk bersuci terlebih dahulu, kemudian dia diperbolehkan untuk membacanya.

Umar sangat kaget ketika membacanya, dia seperti terguncang jiwanya karena keindahan kata-kata bacaan surah Thoha itu. Ia pun segera menemui Nabi Muhammad SAW dan membaca dua kalimah syahadat.

Baca:
Nama anak Nabi Muhammad SAW
Kisah Nabi Isa alaihissalam
Kisah Nabi Khidir
Peristiwa Isra Mi’raj Secara Singkat

Nah sobat, semenjak saat itu Umar masuk ajaran agama Islam, sekaligus terkabulnya dia Nabi, yang ter berdoa agar Abul Hakam bin Hisyam (Abu Jahal) atau Umar bin Khattab memperkuat Islam.

Itulah kisah Umar bin Khattab bersama Rasulullah. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu