in

KagetKaget NgakakNgakak SedihSedih SenangSenang KerenKeren

Kupas Tuntas Sebetulnya Apa Itu Mite dan Contohnya di Artikel Ini

Apa Itu Mite dan Contohnya
Apa Itu Mite dan Contohnya

Apa itu mite dan contohnya? Untuk sebagian orang, istilah mite masih terdengar asing. Padahal faktanya, mite adalah istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan mitos. Pasti pernah mendengar dong, kalau istilah mitos. Iyah, cerita rakyat yang katanya tidak benar-benar ada, tetapi bisa sangat dipercaya. Menarikkan?

Eits, enggak sampai disana aja hal menarik dari mite. Masih ada hal menarik lain yang bisa kamu ketahui soal mite, dengan kamu membaca artikel ini. Penasaran kan? Jadi yuk, tanpa basa basi kita lanjut ke pembahasan inti.

Apa itu Mite?

Tenang, jawabannya sudah ada didepan mata. Mohon disimak dengan teliti, poin-poin dibawah nanti. Supaya kamu bisa mendapatkan jawaban, yang kamu inginkan. Siap?

Mite Sama Dengan Mitos

Seperti yang sudah dibocorkan diawal, mite itu sama dengan mitos. Yang bisa diartikan sebagai cerita-cerita yang sudah ada di wilayah tertentu, dipercaya oleh orang-orang tertentu juga, yang biasanya menceritakan tentang tokoh-tokoh yang magis misalnya para dewa yang ada di dunia lain.

Mite Bagian Dari Budaya

Ini nih, yang menyebabkan ada banyak ragam mite yang ada di berbagai kawasan masyarakat. Ya, karena, biasanya mite ini hadir dan dihadirkan di tengah-tengah suatu budaya masyarakat tertentu. Jadi, jangan heran, kalau mite di wilayah A dengan mite di wilayah B berbeda.

Tidak Dipercaya Oleh Semua Orang

Serius, biasanya jika ada satu mite, belum tentu semua orang bisa percaya sepenuhnya. Karena, ya, balik lagi, setiap kalangan orang memiliki mite sendiri-sendiri sesuai dengan budaya yang mereka punya. Dan biasanya, bagi kalangan orang-orang ini, mite merekalah yang bisa dibenarkan.

Berbau Mistis dan Magis

Iyah, kebanyakan cerita mite yang beredar di masyarakat. Rata-rata semuanya itu tidak bisa diterima oleh akal sehat, apalagi jika dikaitkan dengan zaman sekarang yang sudah semuanya modrn. Alam lain, kekuatan gaib, biasanya menjadi garis besar yang ada pada cerita mite.

Biasanya Diiringi dengan Upacara

Tidak ada mite, yang berjalan tanpa ada upacara tertentu. Karena, biasanya saat ada suatu mite, akan selalu ada suatu upacara atau cara-cara tertentu yang melengkapinya. Upacara ini dilakukan bisa dengan beragam tujuan, salah satunya bisa sebagai bentuk penghormatan.

Tokoh Mite Tokoh Penting

Ini nih, yang bisa memperkuat kalau mite bisa menjadi cerminan dari suatu kebudayaan yang dimiliki oleh kalangan tertentu. Karena biasanya, tokoh mite itu adalah ‘orang penting’ yang dianggap berjasa di wilayah tersebut. Salah satu istilah yang terkenal biasanya ‘seorang penunggu’.

Gimana nih, setelah membaca artikel sampai sini. Kira-kira kamu sudah bisa menyimpulkan belum apa itu mite? Kalau iyah, ada kabar baik, karena ada satu penutup yang wajib kamu baca. Supaya kamu lebih bisa mengenal mite lebih dalam lagi, yaitu dengan mengetahui contoh-contoh mite.

Penasaran? Enggak sabar untuk baca lagi?

Geser kebawah, untuk temukan jawaban yang kamu inginkan

Contoh-Contoh Mite

Berikut beberapa contoh mite yang ada di berbagai wilayah Indonesia, yang wajib kamu ketahui keberadannya. Supaya pengetahuan kamu, dapat bertambah pastinya.

Harap disimak dengan teliti lagi…

Nyi Roro Kidul

Pernah dengar mite ini tidak? Kalau iyah, berarti kamu kemungkinan besar, adalah orang yang tinggal di wilayah Jawa Barat. Mite Yi Roro Kidul ini memang dikenal sebagai roh dewi legendaris, yang dikenal sebagai penguasa spiritual kawasan laut selatan Jawa Barat.

Aji Saka

Aji Saka, tentunya tidak kalah populer di wilayah Jawa. Bagaimana tidak, mite ini menceritakan bagaimana seorang raja yang bernama Aji Saka membawa peradaban di Jawa. Bahkan, konon katanya aksara jawa ada karena campur tangan raja ini. Luar biasa sekali bukan?

Barong Bali

Pernah melihat topeng berukuran besar dan lebar, yang memiliki wajah berwarna merah, juga dilengkapi taring tidak? Jika iyah, itulah yang dinamakan barong bali. Konon katanya, didalam sana ada jelmaan roh penguasa alam gaib lautan selatan bali. Itulah kenapa, biasanya masyarakat Bali selalu mengadakan mengarak barong yang katanya bisa menangkal bencana.

Dewi Sri

Mite ini pasti sering kamu denger dong? Iyah, tentang seorang dewi yang katanya bisa memberikan kesuburan dan kemakmuran. Dengan begitu, banyak juga para petani Indonesia yang tidak jarang melakukan pemujaan terhadap dewi yang satu ini. Selain sebagai ucapan terima kasih, bisa juga diartikan sebagai bentuk penghormatan.

Setelah menyimak artikel ini, sampai selesai. Kira-kira, pertanyaan kamu soal apa itu mite dan contohnya, sudah terjawab belum nih sekarang?

Sumber:

  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/4497995/mite-adalah-cerita-prosa-rakyat-di-masa-lampau-ketahui-jenis-dan-contohnya-di-indonesia
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5991457/cerita-mite-pengertian-dan-contohnya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Nyi_Roro_Kidul
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aji_Saka
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Barong_Bali#:~:text=Barong%20Bali%20adalah%20satu%20di,atau%20dua%20orang%20untuk%20menarikannya.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Dewi_Sri

Yuk tulis komentar kamu