in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Makna Kemerdekaan Bagi Seorang Pelajar Indonesia

Makna Kemerdekaan Bagi Seorang Pelajar Indonesia
Makna Kemerdekaan Bagi Seorang Pelajar Indonesia

Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan atau hari ulang tahun negara Indonesia, tahun ini adalah yang ke 72 tahun. Pada hari ini semua masyarakat Indonesia mengenang pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semua pahlawan yang gugur dengan suka rela tanpa ada paksaan mengorbankan waktu, harta, jiwa, dan raganya untuk membela negara Indonesia dari penjajah. Kalian bisa membayangkan betapa kuat dan beraninya para pahlawan itu, hanya dengan bermodalkan bambu runcing rakyat Indonesia bisa melawan para penjajah yang sudah memiliki senjata modern.

Siapa yang sudah menjajah Indonesia?

Indonesia di jajah selama 350 tahun oleh Belanda dan ini adalah penjajahan terlama negara kita. Teman-teman, berikut ini adalah proses kemerdekaan Indonesia berdasarkan tahun dan negaranya:

  1. Pada tahun 1509 Portugis berhasil menjajah Maluku, dan pada tahun 1595 berhasil diusir kembali.
  2. Pada tahun 1521 Spanyol berhasil menjajah Sulawesi Utara, dan pada tahun 1692 berhasil diusir kembali.
  3. Pada tahun 1602 Belanda menjajah seluruh Indonesia, dan pada tahun 1942 berhasil diusir, tetapi pada tahun 1945 mereka datang kembali setelah Jepang pergi, kemudian pada tahun 1949 Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.
  4. Pada tahun 1806 Perancis secara tidak langsung berhasil menguasai atau memiliki pulau Jawa, karena kerajaan Belanda takluk atau kalah pada Perancis. Pada tahun 1811.
  5. Pada tahun 1811 perjanjian Kapitulasi Tungtang yang berisi penyerahan Pulau Jawa dari Belanda kepada Inggris. Lalu pada tahun 1816 pemerintah Inggris berakhir.
  6. Pada tahun 1942 Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, dan berakhir pada 1945, sejak kekalahan Jepang kepada sekutu. Indonesia-pun Merdeka!!!

Baca juga: Nama-nama bulan dalam islam

Lalu, apa makna kemerdekaan Indonesia?

Makna Kemerdekaan Indonesia adalah kemampuan kita dalam mendapatkan hak untuk mengendalikan negara tanpa campur tangan negara lain. Dengan kemerdekaan ini, Indonesia bisa mengatur dan memerintah tanpa paksaan dari pihak asing (luar) atau mencampuri dalam mengambil keputusan untuk kemajuan dan perkembangan negara Indonesia.

Apa makna kemerdekaan bagi pelajar?

Makna kemerdekaan bagi pelajar adalah semangat belajar untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, kalian harus bersungguh-sungguh belajar dan mengejar cita-cita. Kalian harus bersyukur hidup pada zaman milenium yang semua sudah nyaman, enak, dan begitu mudah untuk mencari informasi. Bayangkan betapa pedih dan perihnya para pahlawan berjuan hanya demi menjadikan Indonesia seperti ini.

Baca juga: Puisi untuk kakak tersayang

Mari kita isi kemerdekaan dengan prestasi, seperti kata Bapak Jokowi Dodo (Presiden Indonesia) Kerja bersama untuk membangun negara Indonesia, artinya dengan kecerdasan dan prestasi kalian akan memberikan citra negara kita baik di depan negara lain.

Merdeka 72 tahun Indonesia!

Advocate

Ditulis oleh Alya Khoirunnisa

Hanya cerita dari anak yang sedang belajar jadi penulis

Years Of MembershipQuiz MakerContent Author

Yuk tulis komentar kamu