in

Manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi, jelaskan!

Manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi
Manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi

Apa sih manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi? Ini pelajaran kelas 9, Sekolah Menengah Pertama (SMP), materi IPS.

Globalisasi adalah suatu proses integrasi atau interaksi internasional (mendunia) antar negara dalam berbagai aspek, misalnya: pada bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dll.

Globalisasi memiliki dampak negatif juga positif, khususnya pada masuknya budaya asing ke Indonesia, kita sebagai warga negara yang berpendidikan tentunya harus bisa memilih dan memilahnya.

Manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah suatu proses atau usaha untuk melaksanakan peningkatan integrasi ekonomi, melalui intensifikasi pergerakan barang, teknologi, jasa, dll.

Akibatnya, kedua belah pihak saling ketergantungan dan menguntungkan, baik dalam sekala lokal, nasional, dan internasional.

Baca:
Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi era globalisasi?
Teknologi hijau di era globalisasi
Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?

Globalisasi transportasi adalah kerja sama dalam bidang transportasi atau yang berhubungan dengan perpindahan barang dan jasa, baik perizinan maupun teknologinya. (menurut pemahaman penulis)

Sobat penulis cilik, lalu apa sih manfaat dari globalisasi transportasi pada bidang ekonomi? Tentunya sarana transportasi akan lebih modern dan cepat, baik moda transportasi darat, laut, dan udara, akibatnya semua kegiatan akan lebih cepat dan tepat waktu.

Jika kegiatan ekonomi tidak ada kendala, tentunya perekonomian suatu negara akan bergerak membaik, begitu juga harga kebutuhan pokok akan terjangkau karena terjadinya keseimbangan antara supply dan demand.

Kamu yang suka traveling bakal kena dampaknya, salah satunya akan banyak tiker murah, hotel murah, dll.

Kamu yang suka belanja online, akan banyak barang murah dan gratis ongkir, seru kan! hehe.

Baca:
Tujuan negara menerapkan sistem ekonomi?
Tujuan pembangunan ekonomi
Mengapa faktor ekonomi dianggap penyebab utama angka putus sekolah?
Poster globalisasi di sekitarku

Kiranya itu yang bisa aku jelaskan, koreksi jika salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu