in

Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia dan Industri

Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia dan Industri
Manfaat Minyak Bumi

Sebutkan 5 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia? Ini pelajaran kelas 11, pelajaran Kimia, Sekolah Menengah Atas (SMA), tentang penggunaan minyak bumi.

Sobat pembaca penulis cilik, minyak bumi jika tidak dikelola dengan baik, maka akan cepat habis, karena termasuk Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui.

Crude oil atau minyak bumi mentah berada di sekitar kerak bumi, tidak bisa langsung digunakan, sebab perlu di olah terlebih dahulu atau perlu dilakukan penyulingan.

Manfaat Minyak Bumi

Minyak bumi sering juga disebut sebagai emas hitam, karena warna aslinya coklat gelap (pekat), kental, dan mudah terbakar.

Baca:
Manfaat batu bara
Jelaskan mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam itu penting?
Sumber daya alam pulau Sumatera

Berikut ini aku coba sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia, diantaranya:

Bahan Bakar

Pemanfaatan minyak bumi paling umum di Indonesia adalah sebagai (BBM) Bahan Bakar Minyak. Berikut ini contoh BBM di Indonesia, yaitu:

  1. Bahan bakar minyak tanah
    • Untuk rumah tangga (memasak menggunakan kompor minyak)
    • Untuk kebutuhan industri
  2. Bensin/ bahan bakar kendaraan bermotor
    • Pertamax Racing
    • Pertamax
    • Pertamax Plus
    • Pertalite
    • Premium
    • Bio Premium
    • Bio Solar
    • Pertamina DEX
    • Solar transportasi
    • Solar industri

Kegunaan dan manfaat minyak bumi dalam industri adalah selain sebagai campuran bahan baku, juga sebagai bahan bakar pada pembuatan produk kimia, seperti:

Gas Elpiji

Liquified Petroleum Gas (LPG) adalah salah satu olahan dari minyak bumi, tidak hanya untuk memasak, ini juga banyak digunakan pada industri sebagai bahan baku campuran.

Baca:
Manfaat keanekaragaman hayati
Manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia
Kenampakan alam wilayah daratan

Oli atau Pelumas

Untuk kamu yang suka dengan dunia otomotif, tentunya ini sudah tidak asing lagi. Oli digunakan agar pergesekan antar benda dapat berjalan dengan baik, tujuannya agar mengurangi gaya gesek langsung sehingga melindungi atau lebih awet.

Aspal

Aspal/ bitumen yang sering kita injak setiap hari juga merupakan salah satu olahan minyak bumi loh. Aspal dipilih sebagai lapisan batu kerikil di jalanan dipilih karena tahan air, namun tidak tahan panas, itulah sebabnya jika sedang terik matahari, aspal sering mengeluarkan gelembung atau meleleh.

Untuk diketahui bersama, bahwa minyak bumi dari Indonesia lebih baik dari minyak bumi dari timur tengah, karena memiliki kandungan belerang yang lebih sedikit.

Baca:
Persamaan dan perbedaan Indonesia dan Malaysia
Perbedaan massa dan berat

Pada dalam buku pengayaan sekolah, manfaat minyak bumi untuk kehidupan manusia, sering kita temukan pada gagasan pokok suatu deskripsi materi.

Koreksi jika ada kesalahan, terima kasih sudah membaca Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia dan membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu