in

Apa manfaat renang/ berenang?

Manfaat renang atau berenang
Manfaat renang atau berenang

Apa sih manfaat renang atau berenang? Salah satu olah raga yang dilakukan di dalam air ini, memenag memiliki banyak manfaat dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Ada 4 gaya renang yang bisa kamu pilih, yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Gaya ini juga sering diperlombakan, dalam SEA Games, ASIAN Games, dll.

Sobat penulis cilik, kegiatan berenang ini sudah dilakukan sejak zaman prasejarah loh, terbukti dengan adanya lukisan tentang kegiatan berenang di dinding Gua Perenang, lokasi persisnya di Mesir barat daya. [1] Catatan tertua lainnya tentang berenang ini juga ada ditemukan sejak 2000 SM.

Manfaat renang atau berenang

Sebagai gambaran bagi kamu, berikut ini beberapa gambar 4 gaya berenang, yaitu:

Baca:
Perbedaan Sea games dan Asian games
Perbedaan lari dan berjalan
Perbedaan melompat dan meloncat

Selain biayanya yang cukup terjangkau, berenang juga memiliki banyak manfaat loh, berikut ini diantaranya:

  1. Melatih seluruh otot tubuh kita, karena dengan gerakan yang mencoba menyeimbangkan tubuh agar tetap mengambang selutuh otok begerak, tentunya ini baik bagi kesehatan.
  2. Dipercaya mampu mengendalikan kadar gula darah bahkan menurunkannya.
  3. Membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita, tentunya dengan kegiatan yang dilakukan secara rutin dapat terlihat hasinya, yaitu badan turun dan akan terasa segar bugar.
  4. Melatih dan memperkuat jantung dan paru-paru, karena dengan kita menarik dan menahan napas secara tidak langsung sistem pernapasan dan organ penyusunya juga dipaksa untuk bekeja dengan baik.
  5. Mengobati keseleo, karena air yang menopang tubuh ketika berenang, tentunya akan membantu sendi atau tulang kembali pada posisinya dengan baik.
  6. Untuk penderita asma juga baik, sebab dengan berang penderita dapat mengendalikan sistem pernapasannya, namun harus tetap berhat-hati atau ada orang yang memantau, karena disinfektan yang terdapat pada air dirasa kurang baik.
  7. Meredakan stres, cemas, dll, karena dengan mencoba berbagai gaya berenang kita akan dialihkan fokus pada gerakan dan bertahan sampai ujung kolam, jadi fokus pikiran masalah bisa teralihkan semantara.
  8. Mengatasi masalah tidur atau insomnia, tentunya dengan kegiatan yang rutin efeknya baru terasa.

Baca:
Manfaat karbohidrat
Manfaat istirahat
Manfaat kebugaran jasmani

Nah itulah manfaat renang, koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu