in

Mau Ceritamu Keren Dan Banyak Yang Suka ?

Mau ceritamu keren dan banyak yang suka?
Mau ceritamu keren dan banyak yang suka? pic: www.kompasiana.com

Teman-teman, aku ingin sharing tentang tips menulis yang aku dapetin dari berbagai sumber, baik itu dari internet atau dari temen-teman belajarku.

Ikuti step by step yaaa…

Cara membuat ceritamu keren dan banyak yang suka

1.) Jangan awali cerpen/novel dengan kata yang kurang seru atau pasaran. Seperti: pagi ini aku terbangun dari tidurku, atau bunda membangunkanku dari tidur terlelap, atau pagi ini aku akan berangkat ke sekolah, atau Mentari pagi yang cerah, atau hal lain semacamnya, intinya perbanyak membaca cerpen/novel karangan orang-orang terkenal dan pelajari kalimat pembukanya.

2.) Jangan terlalu lama untuk menulis bagian intinya. Para pembaca akan bosan, jika bagian yang seru malah dilama-lamakan.

3.) Buat nama tokoh yang sederhana tapi bagus. Seperti : Reykertaya, atau Federtu, atau Pohijumaise, atau lainnya. Buatlah nama singkat dan gampang diingat pembaca.

4.) Aku belajar dari adik kelas waktu ekstrakurikuler di sekolah. Jangan buat cerita dengan kata lalu, setelah itu, selanjutnya. Misal: Aku menerawang lalu memandangi kebun dan kebun itu indah setelah itu aku makan…

Harusnya dibuat lebih gimana gitu (menarik dan membuat penasaran pembaca). Aku menerawang kebun yang indah sambil memakan… (Menerawang dan memandangi hampir sama, kan? hasilnya lebih enak dibaca)

5.) Basa-basi itu lumayan diperlukan. Jangan jalan ceritanya tegang terus. Tapi, ada sedikit basa-basi untuk membuat pembaca senang dan membaca sampai akhir.

6.) Kalau kalian membuat novel, isinya pasti banyak bab. Usahakan kalau bab satu selesai ceritanya masih gantung dan dilanjutkan pada bab dua dan seterusnya. Kalian harus ingat bagian terakhir usahakan jangan gantung, karena jika ceritanya masih belum selesai atau akhir ceritanya kurang menarik, pembaca akan kecewa dan malas membaca cerita kalian lagi. Usahakan pada masing-masing bab, kalian memiliki penekanan atau pembahasan yang unik.

7.) Jangan lupa pelajari ‘kamus besar bahasa Indonesia’ supaya kata-kata sesuai ejaan yang disempurnakan. Jangan menggunakan bahasa yang susah dimengerti, bahasa sehari-sehari akan lebih cepat dimengerti dan tidak membingungkan.

8.) Berikan judul yang singkat, padat, dan jelas, judul itu juga harus membuat pembaca penasaran. Misal: AsPal, apa yang kalian pikirin dari judul itu? Aspal itu kan di jalan raya, tetapi, dilihat covernya kok bukan jalanan. Nah, maksudnya seperti itu. AsPal yang dimaksud itu Asli tapi Palsu.

9.) Dalam proses pengeditan usahakan kalian baca keras-keras kata per kata, supaya kalian tahu apakah kata itu enak atau tidak didengarnya.

10.) Terakhir, kalau misalnya kalian mau menerbitkannya, ternyata cerita kalian kurang 3 halaman, jangan ditambah-tambah! nanti malah jelek, kalian bisa mencari penerbit lain, pasti ada =D

Kalian juga bisa minta bantuan Orang tua, kakak, atau teman untuk memberikan masukan terhadap karya kalian, jadi bisa dikembagkan lagi sampai 3 halaman atau lebih.

Sekian sharing dari aku, semoga bermanfaat bagi kita semua!

Satu Komentar.

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu