in

Mau Pulsa Gratis…?

Cerpen Anak, Mau Pulsa Gratis ?
Cerpen Anak, Mau Pulsa Gratis ?

Mau Pulsa Gratis…?. Seorang Ibu dengan perawakan cukup tua sedang memilih barang belanjaan di salah satu minimarket dekat rumah. Waktu aku masuk, Ibu itu masih kebingungan memilih antara Rins* atau Attac* sabun yang akan Dia gunakan untuk mencuci baju.

Beberapa kali bertanya dengan nada keras kepada pegawai minimarket tersebut. Logat betawi yang kental membuat pendegar ikut tersenyum malu-malu.

Selesai dengan barang pilihannya, dia bertanya “Ini bayarnya di mana?”.

Nah lo, pada saat itu Dia berdiri persis di depan meja kasir, tapi memang bukan salah dia juga karena penjanganya tidak ada sedang merapihkan barang-barang yang Dia acak-acak tadi.

Seorang penjaga perempuan berlari kecil menjuru meja kasir, satu persatu barang itu dikeluarkan dari keranjang. Aku mengamati persis berdiri mengantri di belakangnya.

Baca juga: siapa penemu mesin uap?

“Ibu, jika ibu beli 2 susu coklat ini akan mendapatkan potongan loh”, ucap petugas sambil tersenyum. “Memang jadi berapa jika aku beli 2?”, tanya ibu sambil melihat monitor depan kasir. “Yah, gak deh orang cuma beda 2 ribu, takut gak cukup”,  jawabnya kembali.

Setelah beberapa barang yang di scan, petugas kembali bertanya “Ibu, jika ibu membeli sabun cuci pakaian ini 2, maka ibu akan mendapatkan 1 gratis.” Ibu dengan beberapa detik termenung kemudian Ia menjawab, “Etdeh si Mba, demen banget nyuruh saya belanja.” Mendengar perkataan Ibu kami semua termasuk penjaga kasir tertawa lebar.

“Total belanjanya Ibu Rp. 150 ribu,” jawab petugas.

“Wah banyak juga ya belanjaan saya,” jawabnya sambil melihat monitor depak kasir dan membayar belanjaanya, “Oia, saya tidak medapatkan bonus, kan saya belanja banyak,” jawabnya sambil mentap barang-barang yang ada di sekitar meja kasir.

“Mohon maaf tidak bu,” tegas petugas.

Baca juga: Puisi terima kasih ibu

“Baik, jika seperti itu,” jawab Ibu itu memalingkan muka sambil berajalan keluar menuju pintu, “Oia, bukannya saya dapat pulsa jika Mba tidak menawarkan pulsa kepada saya?” tanyanya kepada penjaga kasir.

“Aduh Ia, saya lupa”, jawab petugasnya, “mohon maaf nomor HP Ibu berapa?”

Dengan senyum lebar, ibu itu memberika nomor HPnya untuk diisi pulsa. Setelah beberapa menit menunggu, “Apakah sudah masuk Bu?” tanya petugas dengan tetap tersenyum walau harus nombok uang pulsa.

“Sebentar saya check,” jawabnya sambil menyimpan kantong belanjaanya. “Sudah masuk, terima kasih ya,” jawabnya seraya mengeluarkan uang dari dompetnya.

“Jangan Bu,” jawab petugas.

“Tidak apa-apa, ini buat kamu saja, karena kamu masih tetap tersenyum walau melakukan kesalahan,” ucapnya dengan senyum lebar. “saya hanya ingin mengingatkan, konsentrasi saya bekerja walau banyak pelanggan yang mengajak bekerja.”

“Baik Bu, terima kasih,” jawab penjaga itu dengan muka merah merona penuh dengan rasa malu.

Demikian teman-teman ceritaku yang berjudul Mau Pulsa Gratis, terima kasih telah membaca.

Sumber Gambar: www.cliparthut.com | Mau Pulsa Gratis…?

Ayo Vote! Biar makin trending.

100 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ditulis oleh Riva Ardiansyah

Aku sekolah di SD Pelita, Depok, aku suka menulis, aku ingin jadi orang yang pintar IT

Years Of Membership

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi

cerpen anak, catatan hatian ulfa

Catatan Harian Ulfa

Puisi Anak, Sinar Pembawa Kehidupan

Puisi Anak – Sinar Pembawa Kehidupan