in

Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah?

Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah?
Penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah?

Soal: Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah. Ini pelajaran kelas 12, Materi PPKN, tentang Pelanggaran Hak.

Dikutip dari website statistik.data.kemdikbud.go.id, Jumlah angka putus sekolah untuk Sekolah Dasar (SD) pada tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan jenis kelamin, laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan.

Angka putus sekolah anak laki-laki, untuk sekolah negeri 15,990 siswa, dan swasta sebanyak 2,799 siswa. Jumlah keseluruhan 18,789 siswa.

Sedangkan untuk perempuan, angka putus sekolah negeri mencapai 11,069 siswa dan sekolah negeri adalah 2,269 siswa. Jumlah anak perempuan putus sekolah 13,338 siswa.

Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah?

Pendapatan keluarga yang minim, mengakibatkan prioritas utama pada kebutuhan pokok, bukan lagi pada pendidikan anak.

Akibatnya anak membantu membantu orang tua dalam bekerja atau mencari nafkah, seperti berdagang, bertani, memulung sampah, dll.

Akibat sudah merasa memiliki pernghasilan sendiri, anak menjadi enggan untuk sekolah, karena sudah nyaman dengan kondisi saat itu.

Tingginya angka putus sekolah jadi kendala wajib belajar 12 tahun, walau Pemerintah sudah melaksanakan banyak program, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dll

Walau demikin, faktor ekonomi buka satu-satunya alasan, karena keterbatasan yang dimiliki siswa/siswi sendiri juga menjadi alasan, seperti teman kita yang menyandang disabilitas.

Baca:
Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?
Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah

Berikut ini soal tambahan:

  1. Apabila dikaitkan dengan pancasila kasus putus sekolah merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa?
    • Jawaban: Sila ke Lima
  2. Menurut anda apakah upaya pemerintah tersebut sudah berhasil, kemukakan indikator keberhasilannya!
    • Jawaban: Menurutku belum optimal, karena banyak anak yang putus sekolah, masih banyak gedung sekolah yang tidak layak pakai, dll, namun bukan tidak berhasil.

Baca:
Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial
Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial
Manfaat keanekaragaman hayati

Ini hanya pendapat aku, kamu bisa koreksi jika memang tidak setuju dengan itu. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel penulis cilik ini.

Yuk tulis komentar kamu